KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 MAKASSAR

Kurniawati J, Kurniawati J (2018) KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL KURNIA.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kurniawati J. 2018. “Kemampuan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Makassar”. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Muhammad Rapi Tang dan Muhammad Saleh). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 9 Makassar, berdasarkan isi, organisasi, kosakata, penggunaan bahasa, dan mekanik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 9 Makassar yang berjumlah 258 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 7 yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data melalui tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan siswa kelas XI SMA Negeri 9 Makassar memeroleh nilai rata-rata 66,78 dengan persentase 50% yaitu tidak mampu menulis teks cerpen. Dalam aspek isi, nilai rata-rata siswa sampel berada dalam kategori cukup dengan nilai 71,25. Dalam aspek organisasi, nilai rata-rata siswa sampel berada dalam kategori kurang dengan nilai 65,89. Dalam aspek kosakata, nilai rata-rata siswa sampel berada dalam kategori kurang dengan nilai 64,28. Dalam aspek penggunaan bahasa, nilai rata-rata siswa sampel berada dalam kategori kurang dengan nilai yaitu 65,17 dan dalam aspek mekanik, nilai rata-rata siswa sampel berada dalam kategori kurang yaitu 67,85. Saran penelitian yaitu sebagai bahan masukan bagi sekolah agar mempertimbangkan pemberian kegiatan pembelajaran yang mengarahkan pada kegiatan menulis cerpen, sebagai bahan masukan bagi guru agar meningkatkan kegiatan menulis cerpen bagi siswa dan sebagai bahan bacaan bagi peneliti selanjutnya agar melakukan variasi dalam penelitian yang juga memberikan inovasi dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen. Kata Kunci: kemampuan, menulis, teks cerpen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Sep 2018 02:55
Last Modified: 10 Sep 2018 02:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10724

Actions (login required)

View Item View Item