Kemampuan Menulis Wacana Narasi dalam Bahasa Makassar Melalui Media Gambar Seri Siswa Kelas VIII SMPN 18 Makassar

Praminto, Wawan (2016) Kemampuan Menulis Wacana Narasi dalam Bahasa Makassar Melalui Media Gambar Seri Siswa Kelas VIII SMPN 18 Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB I.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (20kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis wacana narasi dalam bahasa Makassar melalui media gambar seri siswa kelas VIII SMPN 18 makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas VIII-1 SMPN 18 Makassar berjumlah 33 siswa. Lokasi penelitian ini di SMPN 18 Makassar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan fokus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa menulis wacana narasi dalam bahasa Makassar melalui media gambar seri. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII-1 SMPN 18 Makassar belum mencapai standar pencapaian yang direncanakan 80% dengan kriteria ketuntasan minimal (75 KKM) berdasarkan hasil penelitian terdapat 4 siswa mampu memperoleh nilai ≥75. Berdasarkan kriteria penilaian tingkat kemampuan siswa secara keseluruhan berada pada taraf rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian ternyata siswa yang memperoleh dengan nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) hanya 4 orang dengan persentase 12,12% dan yang memperoleh nilai di bawah KKM ternyata 29 orang siswa. Kata kunci : Kemampuan menulis wacana narasi, bahasa Makassar, dan media gambar seri

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Nov 2017 01:54
Last Modified: 06 Nov 2017 01:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3765

Actions (login required)

View Item View Item