PENGGUNAAN MAKSIM KUANTITAS DAN KUALITAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IX SMPN 3 WONOMULYO

Syafri,, Shofiyah Ilmi (2018) PENGGUNAAN MAKSIM KUANTITAS DAN KUALITAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IX SMPN 3 WONOMULYO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL SOFI.pdf

Download (642kB) | Preview

Abstract

2018. “Penggunaan Maksim Kuantitas dan Kualitas dalm Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IX SMPN 3 Wonomulyo”. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra. Universitas Negeri Makassar (Dibimbing oleh Azis dan Idawati Garim). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan maksim dalam proses belajar siswa pada pembelajaran di kelas IX A dan B SMPN 3 Wonomulyo yang lebih rinci diuraikan menjadi: (1) Mendeskripsikan bentuk pematuhan maksim kuantitas dan kualitas dalam proses pembelajaran bahasa indonesia siswa Kelas IX di SMPN 3 Wonomulyo; (2) Mendeskripsikan bentuk pelanggaran maksim kuantitas dan kualitas dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia siswa Kelas IX di SMPN 3 Wonomulyo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini merupakan data kualitatif yang bersumber dari keseluruhan interaksi siswa dengan guru pada pembelajaran di kelas IX SMPN 3 Wonomulyo. Instrumen utama dalam penelitian ini ialah peneliti sendiri dengan segenap pengetahuannya tentang pragmatik yang didukung oleh empat instrumen penunjang, yaitu lembar pengamatan, telepon seluler, indikator pematuhan dan pelanggaran maksim. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada empat, yaitu teknik simak libat bebas cakap, teknik catat teknik rekam, dan teknik transkripsi. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode padan ekstralingual yang dilakukan melalui tiga tahap analisis, yaitu redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan maksim kuantutas dan kualitas dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IX SMPN 3 Wonomuly dominan ditemukan pada bentuk pematuhan dibandingkan dengan bentuk pelanggaran maksim kuantitas dan kualitas yang lebih rinci diuraikan menjadi (1) Pematuhan maksim kuantitas dan kualitas dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia siswa Kelas IX di SMPN 3 Wonomulyo ditemukan pada 6 bentuk yang dikelompokkan ke dalam dua maksim, yaitu maksim kuantitas dan maksim kualitas, (2) Pelanggaran maksim kuantitas dan kualitas dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia siswa Kelas IX di SMPN 3 Wonomuly ditemukan pada 4 bentuk yang dikelompokkan ke dalam dua maksim, yaitu maksim kuantitas dan kualitas. Kata kunci : kesantunan berbahasa, prinsip kerja sama, maksim, interaksi, dan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 31 Jan 2019 03:12
Last Modified: 31 Jan 2019 03:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12005

Actions (login required)

View Item View Item