Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Dalam Menulis Teks Dekriptif Menggunakan Edmodo. (Sebuah penelitian quasi eksperimen pada Universitas Muhammadiyah Makassar)

Muchris, Ria Arwini (2020) Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Dalam Menulis Teks Dekriptif Menggunakan Edmodo. (Sebuah penelitian quasi eksperimen pada Universitas Muhammadiyah Makassar). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
4. Artikel.pdf

Download (230kB)

Abstract

Universitas Negeri Makassar, Indonesia Ria Arwini Muchris. 2020. Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Dalam Menulis Teks Dekriptif Menggunakan Edmodo. (Sebuah penelitian quasi eksperimen pada Universitas Muhammadiyah Makassar (dibimbing oleh Kisman Salija dan Sahril) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Edmodo efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa (Isi, Susunan, Kosakata, Penggunaan Bahasa, dan mekanisme). Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Dalam memperoleh data, penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen dari penelitian ini adalah tes tertulis dan angket. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester tiga Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris di Universitas Muhammadiyah Makassar taheun akademik 2018/2019. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis siswa yang diajar menggunakan Edmodo (kelompok eksperimen) dan kelompok control. Hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata post-test kelompok ekperimen yaitu 78.09 lebih tinggi dari pada nilai kelompok control yaitu 74.41. selanjutnya, hasil dari analisis data membuktikan bahwa nilai t-test lebih tinggi dari pada nilai t-table (2.82>2.042). oleh karena itu, hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan edmodo efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Sehubungan dengan ketertarikan siswa dalam penggunaan edmodo pada dalam pembelajaran writing, 2 dari 22 siswa (9.09%) memperoleh tingkat ketertarikan yang sangat tinggi, 14 dari 22 siswa (63.64%) dikategorikan mempunyai ketertarikan yang tinggi, 5 dari 22 siswa (22.73%) diidentifikasi mempunyai ketertarikan yang cukup, 1 siswa (4.55%) dikatergorikan mempunyai ketertarikan yang rendah, dan tidak ada siswa yang dikategorikan mempunyai ketertarikan yang sangat rendah. Hasil tersebut juga didukung oleh nilai rata-rata dari siswa yang dikategorikan mempunyai ketertarikan yang tinggi terhadap penggunaan edmodo dalam pembelajaran writing. Kata kunci: Edmodo, Kemapuan Menulis, dan Deskriptif Teks

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 06 Aug 2020 03:18
Last Modified: 06 Aug 2020 03:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17946

Actions (login required)

View Item View Item