PENGARUH TEKNIK PORPE (PREDICT, ORGANISE, REHEARSE, PRACTICE, EVALUATE) TERHADAP HASIL BELAJAR TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SMK NEGERI 10 MAKASSAR

Sriyanti, Sriyanti and Hamsa, Akmal and Syamsudduha, Syamsudduha (2019) PENGARUH TEKNIK PORPE (PREDICT, ORGANISE, REHEARSE, PRACTICE, EVALUATE) TERHADAP HASIL BELAJAR TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SMK NEGERI 10 MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL SRIYANTI 1551040008.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

Sriyanti, 2019. “Pengaruh Teknik PORPE (Predict, Organise, Rehearse, Practice, Evaluate) Terhadap Hasil Belajar Teks Biografi Siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar”. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Akmal Hamsah dan Syamsudduha). Penelitian ini bertujuan: (1) mendiskripsikan hasil belajar teks biografi sebelum penerapan teknik pembelajaran PORPE siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar, (2) mendeskripsikan hasil belajar teks biografi setelah menggunakan teknik pembelajaran PORPE siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar, dan (3) membuktikan pengaruh secara signifikan penerapan teknik PORPE terhadap hasil belajar teks biografi Kelas X SMK Negeri 10 Makassar. Penelitian ini adalah jenis penelitian Kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah desain jenis one-group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar yang berjumlah 475 orang. Penarikan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu 46 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes bentuk pilihan ganda. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar teks biografi sebelum menggunakan teknik PORPE siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar dikategorikan kurang baik dengan nilai rata-rata 42,65; (2) hasil belajar teks biografi setelah menggunakan teknik PORPE siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar dikategorikan cukup baik dengan nilai rata-rata 70,46; (3) hasil uji hipotesis diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar teks biografi pada pretes dan postes. Dengan demikian hipotesis diterima, yaitu ada pengaruh secara signifikan penerapan teknik PORPE terhadap hasil belajar teks biografi siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar. Kata Kunci: teknik PORPE, hasil belajar, teks biografiSriyanti, 2019. “Pengaruh Teknik PORPE (Predict, Organise, Rehearse, Practice, Evaluate) Terhadap Hasil Belajar Teks Biografi Siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar”. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Akmal Hamsah dan Syamsudduha). Penelitian ini bertujuan: (1) mendiskripsikan hasil belajar teks biografi sebelum penerapan teknik pembelajaran PORPE siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar, (2) mendeskripsikan hasil belajar teks biografi setelah menggunakan teknik pembelajaran PORPE siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar, dan (3) membuktikan pengaruh secara signifikan penerapan teknik PORPE terhadap hasil belajar teks biografi Kelas X SMK Negeri 10 Makassar. Penelitian ini adalah jenis penelitian Kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah desain jenis one-group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar yang berjumlah 475 orang. Penarikan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu 46 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes bentuk pilihan ganda. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar teks biografi sebelum menggunakan teknik PORPE siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar dikategorikan kurang baik dengan nilai rata-rata 42,65; (2) hasil belajar teks biografi setelah menggunakan teknik PORPE siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar dikategorikan cukup baik dengan nilai rata-rata 70,46; (3) hasil uji hipotesis diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar teks biografi pada pretes dan postes. Dengan demikian hipotesis diterima, yaitu ada pengaruh secara signifikan penerapan teknik PORPE terhadap hasil belajar teks biografi siswa Kelas X SMK Negeri 10 Makassar. Kata Kunci: teknik PORPE, hasil belajar, teks biografi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Nov 2019 06:40
Last Modified: 15 Nov 2019 06:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15525

Actions (login required)

View Item View Item