“Perbandingan antara Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Metode Pengajaran Beregu dan Metode Pengajaran Guru Tunggal Siswa Kelas X MAN Pangkep

Latif, Fajar (2017) “Perbandingan antara Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Metode Pengajaran Beregu dan Metode Pengajaran Guru Tunggal Siswa Kelas X MAN Pangkep. S1 thesis, FBS.

[img]
Preview
Text
PERBANDINGAN ANTARA KEMAMPUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN METODE PENGAJARAN BEREGU DAN METODE PENGAJARAN GURU TUNGGAL SISWA KELAS X MAN PANGKEP.pdf

Download (37MB) | Preview

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil pembelajaran menulis puisi menggunakan metode pengajaran beregu siswa kelas X MAN Pangkep; (2) mendeskripsikan kemampuan menulis puisi menggunakan metode pengajaran guru tunggal siswa kelas X MAN Pangkep; dan (3) mengkaji perbedaan signifikan antara kemampuan menulis puisi dengan metode pengajaran beregu dan metode pengajaran guru tunggal siswa kelas X MAN Pangkep. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian deskriptif komparatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian noneksperimen. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X MAN Pangkep yang berjumlah 253 siswa. Penarikan sampel dilakukan melalui teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas X MIA 3 yang menggunakan metode pengajaran beregu sebanyak 28 siswa dan kelas X MIA 1 yang menggunakan metode pengajaran guru tunggal sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan rumus uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan menulis puisi siswa yang menggunakan metode pengajaran beregu berada pada kategori cukup mampu dengan nilai rata-rata 70. Sedangkan tingkat kemampuan menulis puisi siswa yang menggunakan metode pengajaran guru tunggal berada pada kategori kurang mampu dengan nilai rata-rata 57,8. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung = -3,170 dan ttabel = 2,01063. Jadi, thitung < ttabel, sehingga hipotesis alternatif (H1) ditolak dan hipotesis nol (H0) diterima. Artinya, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan secara signifikan antara kemampuan menulis puisi siswa yang menggunakan metode pengajaran beregu dengan siswa yang menggunakan metode pengajaran guru tunggal.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: Dewey Decimal Classification > FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2018 02:09
Last Modified: 28 Mar 2018 02:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6152

Actions (login required)

View Item View Item