Problematika Pembelajaran Bahasa Makassar di SMP Negeri 3 Labakkang Kabupaten Pangkep

FAJAR, ARWIN (2016) Problematika Pembelajaran Bahasa Makassar di SMP Negeri 3 Labakkang Kabupaten Pangkep. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB 1.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB V2.docx

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika yang dialami guru dalam mengajar bahasa Makassar kepada siswa di SMP Negeri 3 Labakkang Kabupaten Pangkep dan problematika yang dialami siswa dalam belajar bahasa Makassar di SMP Negeri 3 Labakkang Kabupaten Pangkep. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini ialah semua kelas VII, VII dan IX SMP Negeri 3 Labakkang Kabupaten Pangkep. Sampel dalam penelitian ini ialah siswa kelas IX D, sehingga diperoleh sampel sebanyak 24 siswa. Instrument penelitian ini berupa angket yang diberikan kepada siswa dan wawancara dilakukakan kepada guru. Hasil penelitian menunjukkan beberapa problematika yang dialami oleh guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Makassar. Problematika yang dialami guru dalam mengajar bahasa Makassar kepada siswa kelas IX D SMP Negeri 3 Labakkang Kabupaten Pangkep ialah: (1) Guru bahasa Makassar di SMP Negeri 3 Labakkang Kabupaten Pangkep tidak berlatar belakang pendidikan bahasa Makassar, melainkan lulusan ilmu Teknologi Informasi dan Komunikasi. (2) Guru tidak pernah menyusun perangkat pembelajaran yang meliputi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS), buku ajar dan lembar evaluasi bahasa Makassar. (3) Kemampuan membaca dan menulis aksara lontara Makassar sangat kurang. Guru tersebut mengajarkan mata pelajaran bahasa Makassar kepada siswa karena perintah dari kepala sekolah, sehingga tidak salah apabila guru menunjukkan progres yang tidak optimal dan terkesan mengajar mata pelajaran bahasa Makassar apa adanya sesuai dengan kemampuan yang terbatas dimiliki guru tersebut. Problematika yang dialami siswa kelas IX D dalam belajar bahasa Makassar di SMP Negeri 3 Labakkang Kabupaten Pangkep ialah: (1) siswa tidak rajin belajar sehingga tidak mahir menulis dan membaca aksara lontara Makassar. (2) Siswa tidak senang dengan cara guru dalam mengajar bahasa Makassar, sehingga siswa tidak termotivasi dan tidak berminat belajar bahasa Makassar. Penulis menyarankan kepada guru bahasa Makassar dan siswa SMP Negeri 3 Labakkang Kabupaten Pangkep untuk lebih meningkatkan pembelajaran bahasa Makassar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Nov 2017 02:05
Last Modified: 06 Nov 2017 02:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3768

Actions (login required)

View Item View Item