“Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas melalui Metode Clustering Siswa Kelas VIII-A SMPN 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto”

Nasmi, Nasmi (2013) “Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas melalui Metode Clustering Siswa Kelas VIII-A SMPN 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto”. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
BAB I.doc

Download (41kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas siswa kelas VIII-A SMPN 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto melalui metode Clustering. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMPN 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 37 siswa dan salah satu guru bahasa dan Sastra Indonesia. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus yang pada tiap siklusnya terdapat empat komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, tes, dokumentasi kegiatan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk data kualitatif berupa hasil observasi lapangan, angket dan wawancara. Analisis data kuantitatif digunakan untuk data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes menulis puisi sebelum dan sesudah diberi tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode clustering dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas siswa kelas VIII-A SMPN 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto. Peningkatan kualitas proses dapat dilihat pada pelaksanaan proses pembelajaran yang berlangsung lebih efisien dan kondisi siswa semakin berperan aktif dalam pembelajaran. Peningkatan kualitas proses pada akhirnya berdampak positif pada peningkatan kualitas hasil. Hal ini berdasarkan hasil tes praktik kemampuan menulis puisi dari pratindakan hingga siklus II. Pada pratindakan, nilai rata-rata siswa yang diperoleh sebesar 60,77. Siswa yang memperoleh nilai ≥75 (nilai KKM) sebanyak 8 siswa (21,62%). Hasil tersebut belum mencapai standar keberhasilan yang telah ditentukan, yaitu 75% sehingga dilanjutkan pada siklus I. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa yang diperoleh sebesar 69,20. Siswa yang memperoleh nilai ≥ 75 sebanyak 10 siswa (27,03%). Pada siklus II, nilai rata-rata siswa yang diperoleh sebesar 78,35. Siswa yang memperoleh nilai ≥ 75 sebanyak 28 siswa (75,68%). Dengan demikian peningkatan keterampilan menulis puisi bebas dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia siswa kelas VIII-A SMPN 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto dapat ditingkatkan melalui metode clustering dapat terbukti atau diterima. Sehubungan dengan penelitian ini, saran yang diajukan peneliti yaitu siswa hendaknya diajarkan materi pembelajaran khususnya menulis puisi bebas dengan menggunakan metode pembelajaran yang inovatif dan menarik. Selain itu, disarankan kepada peneliti lain agar melakukan penelitian lanjutan dengan menerapkan metode pembelajaran yang lain untuk menambah pengetahuan mengenai metode yang inovatif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Feb 2018 05:36
Last Modified: 27 Feb 2018 05:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5012

Actions (login required)

View Item View Item