Kemampuan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tanete Rilau Kabupaten Barru

Sri, Ulfah Yanti (2016) Kemampuan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tanete Rilau Kabupaten Barru. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Bab 1.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK Sri Ulfah Yanti. 2016.“Kemampuan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tanete Rilau Kabupaten Barru”. Skripsi Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar, dibimbing oleh Prof. Dr. H. Achmad Tolla, M.Pd. dan Dra. Hj. Enung Maria S., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks biografi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanete Rilau Kabupaten Barru. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang menghasilkan dalam bentuk angka-angka untuk mengukur kemampuan menulis teks biografi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanete Rilau Kabupaten Barru. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanete Rilau Kabupaten Barru tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri atas 5 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 135 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan cara sampel acak (random sampling) dan terpilihlah kelas VIII.3 dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes tertulis. Data yang terkumpul dalam peneltian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil analisis kemampuan siswa menulis teks biografi diperoleh 6 orang siswa (23.07%) berada pada kategori sangat baik, 17 orang siswa (65.39%) berada pada kategori baik, 3 orang siswa (11.54%) berada pada kategori cukup dan tidak ada siswa yang berada pada kategori kurang. Maka, nilai rata-rata kemampuan siswa menulis teks biografi kelas VIII SMP Negeri 2 Tanete Rilau adalah 2.93 dengan kategori baik.Secara keseluruhan berdasarkan hasil penelitian tentang kemampuan menulis teks biografi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanete Rilau Kabupaten Barru menunjukkan bahwa sampel yang memperoleh nilai minimal berjumlah 19 siswa (73.07%), sedangkan siswa sampel yang memperoleh nilai dibawah 2.67 berjumlah 7 orang (26.93%). Hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanete Rilau Kabupaten Barru dikategorikan tidak mampu, hal ini terlihat dari rendahnya persentase siswa yang memiliki kemampuan menulis teks biografi yang dikategorikan tidak mampu yang tidak mencapai batas minimal 75%. Berdasarkan hasil penelitian ini diajukan saran, hendaknya guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia menggunakan metode pembelajaran yang baru khususnya untuk materi menulis teks biografi. Guru sebaiknya mencari strategi mengajar yang lebih variatif dan menarik guna memperkaya dan meningkatkan pembelajaran menulis siswa, khususnya di SMP Negeri 2 Tanete Rilau Kabupaten Barru. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan perbandingan untuk meningkatkan kualitas pengajaran mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, khususnya pembelajaran teks biografi. Kata kunci: Kemampuan menulis, Teks biografi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:52
Last Modified: 05 Mar 2018 07:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/110

Actions (login required)

View Item View Item