ANALISIS NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM NOVEL REMBULAN TENGGELAM DI WAJAHMU: PENDEKATAN SEMIOTIK PEIRCE DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA

Setiawan, Akhwan (2019) ANALISIS NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM NOVEL REMBULAN TENGGELAM DI WAJAHMU: PENDEKATAN SEMIOTIK PEIRCE DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL-dikonversi.pdf

Download (281kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Akhwan Setiawan, 2019 “Analisis Nilai Pendidikan Moral dalam Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu: Pendekatan Semiotik Peirce dan Relevansinya terhadap Pembelajaran Sastra.” Skripsi, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Helena Emma Maria dan Hajrah). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan moral dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye dengan menggunakan teori Peirce yakni berdasarkan ikon, indeks, dan simbol. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Data penelitian ini adalah pernyataan atau kutipan teks yang mengandung nilai pendidikan moral berdasarkan ikon, indeks, dan simbol. Sumber data penelitian ini adalah novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye dengan tebal 426 halaman, diterbitkan pertama kali oleh Republika. Cetakan Januari 2009. Pengumpulan data penelitan menggunakan teknik baca, teknik catat dan verbatim. Analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi hasil penelitian. Berdasarkan analisis yang dilakukan ditemukan nilai pendidikan moral berwujud penanda ikon: menghargai prestasi, bersahabat; penanda ikon topologis: religius, jujur, peduli sosial, demokratis, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, cinta damai, peduli lingkungan, dan kerja keras. Sedang, Nilai amoral yang ditemukan yaitu: tidak cinta damai, berjudi, mencuri, mencopet. Nilai pendidikan moral berwujud ikon diagramatik: peduli sosial, jujur, bersahabat, rasa ingin tahu, disiplin, religius, tanggung jawab, dan kerja keras. Sedang, Nilai amoral yang ditemukan yaitu: tidak menghargai orang lain, kebencian, mencuri, kekerasan, balas dendam, tidak peduli sosial, tidak religius, dan munafik. Nilai pendidikan moral berwujud ikon metafora: peduli sosial, religius, dan kerja keras. Nilai pendidikan moral berwujud indeks: demokratis, religius, tanggung jawab, peduli sosial, jujur, bersahabat/komunikatif, rasa ingin tahu, dan mandiri. Sedang, Nilai amoral yang ditemukan yaitu: tidak religius, tidak menghargai orang lain, kekerasan, membenci, serakah, berbohong, mencuri, berjudi, mabuk-mabukan, curang, dan munafik. Nilai pendidikan moral berwujud simbol: nilai religius. Kata kunci: moral, amoral, ikon, ikon topologis, ikon diagramatik, ikon metafora, indeks, simbol

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Oct 2019 01:53
Last Modified: 03 Oct 2019 01:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15061

Actions (login required)

View Item View Item