Peningkatan Kemampuan Menulis Kreatif Puisi dengan Memanfaatkan Media Lingkungan Sekitar Sekolah pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar

Murdani, Murdani (2014) Peningkatan Kemampuan Menulis Kreatif Puisi dengan Memanfaatkan Media Lingkungan Sekitar Sekolah pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB IQ.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB V simpulan dan sarani.docx

Download (35kB)

Abstract

ABSTRAK Murdani, 2014.“Peningkatan Kemampuan Menulis Kreatif Puisi dengan Memanfaatkan Media Lingkungan Sekitar Sekolah pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar”. Skripsi.Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Salam dan Syarifah Djamilah). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan proses dan hasil pembelajaran menulis puisi dengan memanfaatkan media lingkungan sekitar sekolah pada siswa kelas VIIa SMP Negeri 1 Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelasyang terdiri dari dua siklusData penelitian adalah data proses berupa aktivitas guru dan aktivitas siswa serta data hasil berupa hasil tes menulis puisi. Subjek penelitian ini adalahseorang guru dan siswa kelas VIIa SMP Negeri 1 Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar yang berjumlah 20 orang.Data penelitian ini berupa data pelaksanaan (proses) dan data hasil (evaluasi). Data penelitian diperoleh melalui studi pendahuluan, hasil observasi, dan wawancaramengenai perencanaan, penerapan pembelajaran oleh guru dan aktivitas siswa, serta hasil tes akhir siswa setiap siklus. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan atas 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pada proses pembelajaran, siswa mengalami perubahan perilaku dalam pembelajaran secara positif. Selama proses pembelajaran siswa tampak senang dan antusias mengikuti pelajaran, siswa memperhatikan dan merespon pembelajaran, siswa juga berperan aktif dan merespon positif metode dan media pembelajaran yang digunakan. (2)pada hasil pembelajaran, menunjukkan bahwa hasil tes keterampilan menulis puisi pada siswa setelah pembelajaran mengalami peningkatan. pemanfaatan media lingkungan sekitar sekolah mampu meningkatkan hasil tes siswa. Peningkatan tersebut ditandai dengan meningkatnya hasil tes siswa dari tahap siklus I nilai rata-rata ketuntasan belajar siswa 70,36 dan meningkat pada tahap siklus II dengan nilai rata-rata ketuntasan belajar mencapai 76,11. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis puisi siswa mengalami peningkatan sebanyak 5,75 dan dinyatakan berhasil. Penulis menyampaikan saran sebagai berikut: (1) pada proses pembelajaran, guru dapat mengarahkan dan membimbing siswa supaya mengalami perubahan perilaku dalam pembelajaran secara positif. Agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar dan kondusif. (2) pada hasil pembelajaran, diharapkan agar keterampilan menulis puisi siswa pemanfaatan media lingkungan sekitar sekolah perlu ditingkatkan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:51
Last Modified: 07 Mar 2018 03:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/85

Actions (login required)

View Item View Item