Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Schramble Dalam Penulisan Wacana Argumentasi Bahasa Bugis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kulo Kabupaten Sidenreng Rappang

HANDAYANI, RENI (2016) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Schramble Dalam Penulisan Wacana Argumentasi Bahasa Bugis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kulo Kabupaten Sidenreng Rappang. Diploma thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
5. abstrak.docx

Download (22kB)

Abstract

ABSTRAK Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Syamsudduha dan Andi Fatimah Yunus) Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui kemampuan menulis wacana argumentasi bahasa Bugis tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Schramble siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kulo Kabupaten Sidenreng Rapppang (2) Mengetahui kemampuan menulis wacana argumentasi bahasa Bugis dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Schramble dalam pembelajaran menulis wacana argumentasi bahasa Bugis siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kulo Kabupaten Sidenreng Rappang (3) Membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif Tipe Schramble efektif terhadap kemampuan menulis wacana argumentasi bahasa Bugis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kulo Kabupaten Sidenreng Rappang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan desain penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kulo Kabupaten Sidenreng Rappang yang berjumlah 56 orang terbagi kedalam 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini dikelompokkan atas dua kelompok, yaitu kelas VIII 2 sebanyak 19 orang sebagai kelompok/kelas eksperimen dan siswa kelas VIII 3 sebanyak 18 orang sebagai kelompok/kelas kontrol. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random (random sampling). Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah teknik tes. Keseluruhan data yang diperoleh dianalisis melalui beberapa tahap: (1) membuat daftar skor mentah; (2) membuat distribusi frekuensi dari skor mentah; (3) menentukan frekuensi kuantitatif perolehan nilai; (4) menentukan patokan tingkat penguasaan; dan (5) pengujian Hipotesis. Hasil penelitian menujukkan bahwa kelompok siswa yang menggunakkan model pembelajaran kooperatif Tipe Schramble dalam pembelajaran menulis wacana argumentasi bahasa Bugis memiliki hasil yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Schramble dalam penulisan wacana argumentasi bahasa Bugis. Berdasarkan hasil uji hipotesis mengunakan aplikasi SPSS menujukkan hasil nilai t hitung lebih kecil dari nilai t tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif Tipe Schramble dapat mengefektifkan kemampuan menulis wacana argumentasi bahasa Bugis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kulo Kabupaten Sidenreng Rappang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Jun 2017 02:22
Last Modified: 15 Jun 2017 02:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2592

Actions (login required)

View Item View Item