Keterampilan Menulis Teks Pidato dengan menggunakan Media Audiovisual Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Galesong Selatan Kabupaten Takalar

Nurhaedah B, Nurhaedah B (2016) Keterampilan Menulis Teks Pidato dengan menggunakan Media Audiovisual Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Galesong Selatan Kabupaten Takalar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurhaedah B., 2016. “Keterampilan Menulis Teks Pidato dengan menggunakan Media Audiovisual Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Galesong Selatan Kabupaten Takalar.” Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah (dibimbing oleh Salam dan Muhammad Bachtiar Syamsuddin). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan menulis teks pidato bahasa Makassar dengan menggunakan media audiovisual siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Galesong Selatan Kabupaten Takalar. Populasi penelitian ini keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Galesong Selatan tahun ajaran 2015-2016 yang berjumlah 221 orang yang terbagi kedalam tujuh kelas. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik random sampling. Penarikan sampel dilakukan dengan mengundi nama kelas yang terdiri dari tujuh kelas sehingga didapatkan satu sampel, yaitu siswa kelas VIII-B sebanyak 30 orang dari jumlah populasi. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, digunakan tes sebagai instrumen penelitian. Data yang telah diteliti kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks pidato bahasa Makassar dengan menggunakan media audiovisual siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Galesong Selatan Kabupaten Takalar dikatergorikan belum mampu karena Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang memperoleh nilai 75 ke atas tidak mencapai 80%. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa dari 30 siswa yang dijadikan sampel, 2 siswa (6,6%) yang memperoleh nilai 75 ke atas, dan 28 siswa (93,3%) memperoleh nilai di bawah 75. Nilai tertinggi diperoleh siswa adalah 77 yang dicapai oleh 1 orang (3,3%) dan nilai terendah adalah 40 yang dicapai oleh 2 orang (6,6%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Galesong Selatan Kabupaten Takalar tidak terampil menulis pidato bahasa Makassar dengan menggunakan media audiovisual. Berdasarkan hasil penelitian ini, diajukan saran mengenai menulis teks pidato bahasa Makassar terus dilakukan sehingga keterampilan siswa dalam menulis teks pidato lebih meningkat dan memunculkan proses kreatif siswa dalam menulis yang harus dilakukan sejak dini, salah stunya dalam pembelajaran pidato. Kata Kunci: Keterampilan menulis teks pidato, bahasa Makassar, dan media audiovisual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 08 Mar 2017 05:17
Last Modified: 08 Mar 2017 05:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2214

Actions (login required)

View Item View Item