TRANSFORMASI NOVEL HARIM DI TANAH HARAM KARYA ABU HAMZAH KE DALAM FILM HARIM DI TANAH HARAM KARYA IBNU AGHA SUATU KAJIAN EKRANISASI

Dekawaty, Putri (2018) TRANSFORMASI NOVEL HARIM DI TANAH HARAM KARYA ABU HAMZAH KE DALAM FILM HARIM DI TANAH HARAM KARYA IBNU AGHA SUATU KAJIAN EKRANISASI. Diploma thesis, FBS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk penciutan, penambahan, dan perubahan variasi yang muncul dari transformasi novel ke film Harim di Tanah Haram berdasarkan kajian ekranisasi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriftif. Sumber data penelitian ini adalah novel Harim di Tanah Haram karya Abu Hamzah yang diterbitkan oleh PT. Gramedia Pustaka di Jakarta pada tahun 2014 dengan tebal 158 halaman dan film Harim di Tanah Haram produksi Qia Mediatama dengan durasi 114 menit. Data penelitian ini berupa teks-teks yang terdapat dalam novel dan pemaparan film Harim di Tanah Haram. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu teknik baca, teknik catat, dan teknik dokumentasi. Data dalam penelitian dianalisis dengan membaca mengidenfikasi, membandingkan unsur intrinsik pada novel dan film. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa dalam proses ekranisasi yang terjadi pada unsur tokoh, alur, dan latar, yaitu adanya penciutan, penambahan, dan perubahan variasi. Penciutan dilakukan karena dianggap tidak terlalu penting untuk dihadirkan dalam film. Penambahan yang ada dalam film masih sejalan dengan cerita yang ada pada novel. Perubahan variasi yang dilakukan tidak terlalu jauh keluar dari penggambaran pada novel namun pada hakikatnya tema atau amanat masih terungkapkan dalam film.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Oct 2018 02:32
Last Modified: 24 Oct 2018 02:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11213

Actions (login required)

View Item View Item