TINDAK TUTUR EKSPRESIF BERDASARKAN LATAR BELAKANG EKONOMI PESERTA DIDIK DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA NEGERI 14 MAKASSAR

Budy, Wardila Aulia and Tolla, Achmad and Djumingin, Sulastriningsih and Ramly, Ramly (2019) TINDAK TUTUR EKSPRESIF BERDASARKAN LATAR BELAKANG EKONOMI PESERTA DIDIK DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA NEGERI 14 MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL WARDILA AULIA BUDY (1551041002).pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Tindak Tutur Ekspresif Berdasarkan Latar Belakang Ekonomi Peserta Didik dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI SMA Negeri 14 Makassar. Tindak tutur ekspresif merupakan aspek penting yang digunakan dalam pembelajaran. Oleh karena itu, perlu diperhatikan pemakaian tindak tutur ekspresif yang dituturkan oleh siswa pada saat proses pembelajaran. siswa dalam bertutur atau bebicara masih banyak yang tidak memperhatikan kepada siapa tuturan itu disampaikan dan dituturkan tidak sesuai dengan konteks bertutur. Siswa dengan latar belakang ekonomi berbeda dan strata sosial yang beragam dapat mempengaruhi tindak tutur siswa terhadap guru maupun sesama siswa. Berdasarkan alasan tersebut maka penelitian ini bertujuan mendeskripsikan wujud dan fungsi tindak tutur ekspresif siswa berdasarkan latar belakang ekonomi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI SMA Negeri 14 Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Fokus penelitian ini adalah wujud dan fungsi tuturan ekspresif berdasarkan latar belakang ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 14 Makassar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan tindak tutur ekspresif lebih banyak digunakan oleh kelompok siswa latar belakang ekonomi atas yang dikategorikan ke dalam 4 wujud tindak tutur ekspresif. Fungsi tindak tutur ekspresif yang ditemukan dalam tuturan siswa kategori ekonomi atas meliputi: 14 tuturan mengkritik, 11 tuturan mengeluh, 3 tuturan menyalahkan, 3 tuturan mengucapkan terima kasih dan 2 tuturan memuji. Tuturan ekspresif siswa latar belakang ekonomi menengah yang dikategorikan ke dalam 4 wujud tindak tutur ekspresif. Fungsi tindak tutur ekspresif yang ditemukan dalam tuturan siswa kategori ekonomi menengah meliputi: 7 tuturan mengkritik, 5 tuturan mengucapkan terima kasih, 3 tutur mengeluh, 2 tuturan menyalahkan, dan 2 tuturan memuji. Fungsi memaafkan tidak ditemukan pada tindak tutur siswa kategori ekonomi menengah dan atas. Tuturan ekspresif siswa latar belakang ekonomi bawah yang dikategorikan ke dalam 4 wujud tindak tutur ekspresif. Fungsi tindak tutur ekspresif yang ditemukan dalam tuturan siswa kategori ekonomi atas meliputi: 6 tuturan memuji, 6 tuturan mengeluh, 5 tuturan mengucapkan terima kasih, 3 tutur mengkritik, 1 tuturan memaafkan. Fungsi menyalahkan tidak ditemukan pada tindak tutur siswa kategori ekonomi bawah. Kata kunci : tindak tutur, tindak tutur ekspresif, interaksi pembelajaran, ekonomi, bahasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Jul 2019 03:51
Last Modified: 04 Jul 2019 03:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13949

Actions (login required)

View Item View Item