”Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi Melalaui Metode STAD dengan Menggunakan Media Puzzle Siswa Kelas X Teknkik Audio Video SMK Negeri 2 Makassar”

DEWIASRI, DEWIASRI (2013) ”Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi Melalaui Metode STAD dengan Menggunakan Media Puzzle Siswa Kelas X Teknkik Audio Video SMK Negeri 2 Makassar”. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
ISI.docx

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) peningkatan proses pembelajaran keterampilan menulis paragraf deskripsi melalaui metode STAD dengan menggunakan media puzzle siswa kelas X Teknkik Audio Video SMK Negeri 2 Makassar dan (2) peningkatan hasil pembelajaran keterampilan menulis paragraf deskripsi melalaui metode STAD dengan menggunakan media puzzle siswa kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terbagi atas tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi, analisis dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Makassar berjumlah 24 siswa dan satu orang guru. Pengambilan data dilakukan dengan tes, observasi, dan wawancara. Selanjutnya, data itu akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode STAD dengan menggunakan media puzzle dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran keterampilan menulis paragraf deskripsi. Setelah dilakukan perbaikan terhadap hal-hal yang dianggap kurang pada siklus I, kualitas proses pembelajaran siklus II menunjukkan peningkatan. Persentase jumlah siswa aktif pada siklus I sebesar 60,64% sedangkan pada siklus II sebesar 85%. Hal ini menunjukkan terjadinya peningkatan kualitas proses pembelajaran sebesar 24,36% pada aspek keaktifan. Dalam penelian ini, terdapat lima aspek yang digunakan untuk menilai keberhasilan siswa dalam menulis paragraf deskripsi. Semua aspek tersebut diantaranya menunjukkan objek yang ditulis, kohesi, koheren, keterlibatan pancaindra, dan penggunaan ajaan. Peningkatan menulis paragraf deskripsi pada aspek menunjukkan objek yang ditulis sebesar 0,45%, pada aspek kohesi mengalami peningkatan sebesar 0,14%, pada aspek koheren mengalami peningkatan sebesar 0,61 %, pada aspek keterlibatan pancaindra sebesar 0,95%, dan pada aspek penggunaan ejaan juga mengalami peningkatan sebesar 0,68%. Dengan demikian, persentase jumlah siswa yang mengalami peningkatan dalam menulis paragraf deskripsi sebesar 45,83 % dengan memperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 70,87 sedangkan pada siklus II sebesar 81,91. Sesuai dengan hasil penelitian ini, diajukan saran kepada guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya meningkatkan penerapan metode STAD dengan menggunakan media puzzle, serta mengoptimalkan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis paragraf deskirpsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Feb 2018 05:49
Last Modified: 27 Feb 2018 05:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5021

Actions (login required)

View Item View Item