KEEFEKTIFAN METODE PEMADUAN MEMBACA MENULIS SECARA KOOPERATIF (PM2K) DALAM MENULIS TEKS RESENSI KELAS XI SMA

Sulviani, Evi (2019) KEEFEKTIFAN METODE PEMADUAN MEMBACA MENULIS SECARA KOOPERATIF (PM2K) DALAM MENULIS TEKS RESENSI KELAS XI SMA. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL EVI SULVIANI.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan hasil belajar menulis teks resensi dengan menggunakan metode pemaduan membaca menulis secara kooperatif (PM2K) pada siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Enrekang. (2) mendeskripsikan hasil belajar menulis teks resensi dengan menggunakan metode SQ3R pada siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Enrekang. (3) Mendeskripsikan keefektifan menulis teks resensi antara yang menggunakan metode PM2K degan metode SQ3R pada siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Enrekang. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan, yaitu pre test- post test control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Enrekang. Populasi penelitian, yaitu keseluruhan siswa Kelas XI yang berjumlah 74 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik “cluster random sampling”. Sampel yang terpilih, yaitu siswa Kelas XI MIPA II sebagai Kelas kontrol dan Kelas XI MIPA III sebagai Kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu dalam bentuk tes yang digunakan berupa esai pada pretes dan postes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran menulis teks resensi siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Enrekang dengan menggunakan metode PM2K hasilnya berada pada kategori cukup efektif. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 79,09. (2) Pembelajaran menulis teks resensi siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Enrekang dengan menggunakan metode SQ3R hasilnya berada pada kategori kurang efektif. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 68,00. (3) Terdapat perbedaan secara signifikan antara penggunaan metode PM2K dengan metode SQ3R dalam pembelajaran menulis teks resensi siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Enrekang. Metode PM2K lebih efektif digunakan dibandingkan dengan metode SQ3R dalam pembelajaran menulis teks resensi siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Enrekang. Kata kunci: metode PM2K, menulis dan teks resensi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Jul 2019 01:27
Last Modified: 03 Jul 2019 01:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13909

Actions (login required)

View Item View Item