Pemanfaatan Prinsip Kesantunan Berbahasa pada Kegiatan Diskusi Kelas, Siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bissappu

Ramadani, Dita (2016) Pemanfaatan Prinsip Kesantunan Berbahasa pada Kegiatan Diskusi Kelas, Siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bissappu. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB 12.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB V2.docx

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pematuhan tuturan siswa pada prinsip kesantunan berbahasa dalam kegiatan diskusi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bissappu, dan (2) mendeskripsikan penyimpangan tuturan siswa pada prinsip kesantunan berbahasa dalam kegiatan diskusi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bissappu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menganalisis tuturan siswa pada kegiatan diskusi kelas, siswa kela XI SMA Negeri 1 Bissappu. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data menggunakan teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Analisis data menggunakan metode padan pragmatik. Penentuan pematuhan dan penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa didasarkan pada indikator kesantunan berbahasa yang diturunkan dari teori enam maksim dari Leech. Hasil penelitian pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bissappu menunjukkan bahwa jumlah pematuhan prinsip kesantunan berbahasa yang terjadi pada kegiatan diskusi kelas lebih besar dibandingkan dengan penyimpangannya. Hal itu dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa pematuhan prinsip kesantunan berbahasa dalam kegiatan diskusi kelas siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bissappu sebanyak 152 tuturan, sedangkan penyimpangannya sebanyak 39 tuturan. Data pematuhan prinsip kesantunan terdiri dari maksim kebijaksanaan, penghargaan, kedermawanan, permufakatan, dan kesimpatian. Dalam penelitian ini tidak ditemukan adanya pematuhan maksim kesederhanaan. Sementara data penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa terdiri dari enam maksim, meliputi maksim kebijaksanaan, kedermawanan, penghargaan, kesederhanaan, permufakatan dan kesimpatian. Di antara maksim-maksim kesantunan, maksim yang paling banyak dipatuhi dalam hal pemilihan kata adalah maksim kebijaksanaan. Sementara maksim yang paling banyak disimpangkan dalam hal pemilihan kata adalah maksim penghargaan. Kata kunci: kesantunan berbahasa, prinsip kesantunan, diskusi kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Nov 2017 01:39
Last Modified: 06 Nov 2017 01:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3761

Actions (login required)

View Item View Item