“Keefektifan Model Role Playing dalam Pembelajaran Membaca Naskah Drama Bahasa Bugis Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Lilirilau Kabupaten Soppeng”

Wirdarahayu, Wirdarahayu (2016) “Keefektifan Model Role Playing dalam Pembelajaran Membaca Naskah Drama Bahasa Bugis Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Lilirilau Kabupaten Soppeng”. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
BAB I.docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan membaca naskah drama bahasa bugis menggunakan model Role Playing siswa kelas IX SMP Negeri 2 Lilirilau Kabupaten Soppeng;(2) mendeskripsikan kemampuan membaca naskah drama bahasa bugis tanpa menggunakan model Role Playing siswa kelas IX SMP Negeri 2 Lilirilau; dan (3) membuktikan model Role Playing efektif atau tidak digunakan dalam pembelajaran membaca naskah drama bahasa bugis siswa kelas IX SMP Negeri 2 Lilirilau Kabupaten Soppeng. Penelitian ini merupakan eksperimen yang dilaksanakan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX B sebagai kelas( eksperimen) dan IX D sebagai kelas (kontrol). Teknik yang digunakan mengumpulkan data adalah teknik tes dan observasi. Data yang diperoleh dengan dua cara dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) kemampuan membaca naskah drama bahasa bugis siswa kelas IX SMP Negeri 2 Lilirilau Kabupaten Soppeng pada kelas kontrol dikategorikan kurang baik dengan nilai rata-rata 57.8750; (2) kemampuan membaca naskah drama bahasa bugis dengan menggunakan model Role Playing dikategorikan cukup baik dengan nilai rata-rata 69.5000. Model Role Playing efektif digunakan dalam pembelajaran membaca naskah drama bahasa bugis siswa kelas IX SMP Negeri 2 Lilirilau Kabupaten Soppeng dengan nilai t 2,031 dengan signifikansi (p) 0,145. Kaidah yang digunakan adalah jika p > 0,05. Kesimpulannya adalah hipotesis diterima sehingga ada perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan model Role Playing (eksperimen) dengan kelas yang tidak menggunakan model Role Playing ( kontrol ).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Feb 2018 07:50
Last Modified: 26 Feb 2018 07:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4974

Actions (login required)

View Item View Item