Kemampuan Memahami Nilai-nilai Royong Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa

HERAWATI, HERAWATI (2016) Kemampuan Memahami Nilai-nilai Royong Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
HERAWATI.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan memahami nilai-nilai royong siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa. Penelitian ini bersifat deskripstif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa yang berjumlah 720 siswa terbagi dalam 18 kelas. Sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini sebanyak 39 orang. Penarikan sampel dengan menggunakan teknik acak kelas, yaitu mengundi kelas. Kelas yang keluar adalah kelas IX9 . Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah pemberian tes tulis berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan memahami nilai-nilai royong berdasarkan keenam aspek yang dinilai, diketahui tingkat perolehan nilai siswa yaitu, royong pada aspek moral, nilai ratarata yang diperoleh siswa laki-laki adalah 27,31 sedangkan nilai rata-rata siswa perempuan adalah 39,60. Jadi nilai rata-rata siswa laki-laki dan perempuan adalah 34,56. Aspek kepercayaan, nilai rata-rata yang diperoleh siswa laki-laki adalah 95,87 sedangkan nilai rata-rata siswa perempuan adalah 68,34. Jadi nilai rata-rata siswa laki-laki dan perempuan adalah 79,64. Aspek estetika, nilai rata-rata yang diperoleh siswa laki-laki adalah 62,5 sedangkan nilai rata-rata siswa perempuan adalah 46,08. Jadi nilai rata-rata siswa laki-laki dan perempuan adalah 52,82. Aspek Sosial, nilai rata-rata yang diperoleh siswa laki-laki adalah 23,12 sedangkan nilai rata-rata siswa perempuan adalah 22,04. Jadi nilai rata-rata siswa laki-laki dan perempuan adalah 22,48. Aspek Perjuangan, nilai rata-rata yang diperoleh siswa laki-laki adalah 48,75 sedangkan nilai rata-rata siswa perempuan adalah 70,43. Jadi nilai rata-rata siswa laki-laki dan perempuan adalah 61,53. Aspek penghormatan, nilai rata-rata yang diperoleh siswa laki-laki adalah 100 sedangkan nilai rata-rata siswa perempuan adalah 100, jadi nilai rata-rata siswa laki-laki dan perempuan adalah 200. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan memahami nilai-nilai royong siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa belum mampu karena tidak mencapai kriteria pencapaian maksimal yang ditetapkan yaitu 85 % jumlah sampel secara keseluruha

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 22 May 2018 02:44
Last Modified: 22 May 2018 02:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8714

Actions (login required)

View Item View Item