Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia dalam Teks Cerpen Berdasarkan Taksonomi Siasat Permukaan Siswa Kelas XI SMK Negeri 10 Makassar

NURHUZAIFAH (2018) Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia dalam Teks Cerpen Berdasarkan Taksonomi Siasat Permukaan Siswa Kelas XI SMK Negeri 10 Makassar. Diploma thesis, FBS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan ejaan bahasa Indonesia dalam teks cerpen berdasarkan taksonomi siasat permukaan siswa kelas XI SMK Negeri 10 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian yaitu kualitatif deskriptif. Data yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kesalahan penggunaan ejaan bahasa Indonesia dalam teks cerpen berdasarkan taksonomi siasat permukaan siswa kelas XI SMK Negeri 10 Makassar. Sumber data dalam penelitian ini adalah tulisan cerpen siswa kelas XI TELI 1 SMK Negeri 10 Makassar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah teks yang akan dianalisis oleh peneliti itu sendiri dengan segala pengetahuannya mengenai kesalahan penggunaan ejaan bahasa Indonesia dalam tataran taksonomi siasat permukaan. Adapun instrumen penunjang yang digunakan dalam penelitian ini yaitu panduan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dokumentasi, teknik baca, teknik catat, teknik identifikasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis isi dilakukan melalui empat tahap, yaitu mengidentifikasi, mengklasifikasi, menganalisis, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat kesalahan penggunaan ejaan bahasa Indonesia dalam teks cerpen berdasarkan taksonomi siasat permukaan siswa kelas XI SMK Negeri 10 Makassar yang terdiri atas kesalahan penghilangan, yaitu bentuk penghilangan huruf, kata, frasa, klitika “–nya”, konjungsi, tanda petik dua, tanda koma, tanda titik, dan tanda tanya. Terdapat kesalahan penambahan, yaitu bentuk penambahan huruf, kata, frasa, klitika “-nya”, afiks, preposisi, konjungsi, tanda petik dua, tanda titik, tanda koma, tanda tanya, dan tanda seru. Terdapat pula kesalahan formasi yang memuat bentuk kesalahan formasi pada penggunaan huruf, penulisan kata, penulisan frasa, penulisan konjungsi, penulisan afiks (imbuhan), penulisan preposisi, penulisan partikel, penulisan huruf kapital, kesalahan bentuk reduplikasi kata, kesalahan penggunaan klitika, kesalahan pemilihan diksi, kesalahan penggunaan tanda titik, tanda koma, dan penggunaan tanda petik dua. Adapun bentuk salah susun yang ditemukan dalam hasil karya siswa, yaitu bentuk kesalahan penyusunan kata, klausa, dan tanda koma.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Oct 2018 03:40
Last Modified: 29 Oct 2018 03:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11292

Actions (login required)

View Item View Item