KEEFEKTIFAN PEMODELAN DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 GALESONG SELATAN KABUPATEN TAKALAR

Afrianti, Nur (2017) KEEFEKTIFAN PEMODELAN DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 GALESONG SELATAN KABUPATEN TAKALAR. Diploma thesis, FBS.

[img]
Preview
Text
nur.pdf

Download (337kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nur Afrianti. 2017. “Keefektifan Pemodelan dalam Pembelajaran Membaca Teks Berita Siswa VIII SMP Negeri 2 Galesong Selatan Kabupaten Takalar”. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Salam dan Syamsudduha). Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen yang dirancang secara kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil belajar membca teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Galesong Selatan Kabupaten Takalar tanpa menggunakan pemodelan; (2) mendeskripsikan hasil belajar membaca teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Galesong Selatan Kabupaten Takalar dengan menggunakan pemodelan; dan (3) membuktikan keefektifan pemodelan dalam pembelajaran membaca teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Galesong Selatan Kabupaten Takalar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Galesong Selatan Kabupaten Takalar berjumlah 348 orang. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 orang yang terdiri masing-masing dari kelas VIII-a dan VIII-b. Penarikan sampel dilakukan dengan mengggunakan teknik sample random sampling. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes unjuk kerja. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Statistik Deskriptif dan Statistik Inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan secara signifikan antara keefektifan membaca teks berita kelas kontrol tanpa menggunakan pemodelan dan kelas eksperimen dengan menggunakan pemodelan. Kelas kontrol hanya 1 orang siswa (3,45%) yang mencapai nilai rata-rata 72,5 yang dikategorikan tidak efektif sedangkan kelas eksperimen sebanyak 28 orang (96,55%) dengan nilai rata-rata 84,14 yang dikategorikan efektif membaca teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Galesong Selatan Kabupaten Takalar. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung = 17,016 > ttabel = 1,703 , sehingga hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Kata Kunci: keefektifan, membaca, teks berita, pemodelan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2019 03:34
Last Modified: 28 Mar 2019 03:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12734

Actions (login required)

View Item View Item