Kemampuan Menulis Teks EksposisiSiswa Kelas X SMA Negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng

Nurkhalis, Muhammad Nurkhalis (2017) Kemampuan Menulis Teks EksposisiSiswa Kelas X SMA Negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
3. BAB I.doc

Download (56kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (31kB)

Penelitian ini bertujuan untuk; 1)mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng dari segi isi; 2) mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng dari segi stuktur; 3) mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng dari segi kosakata; 4) mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng dari segi kalimat; 5) mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng dari segi mekanik.Adapun sampel yang ditetapkan sebanyak 32 siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik acak random sampling dengan pertimbangan subjek yang diteliti mempunyai sifat dan kemampuan yang sama (homogen). Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah teknik tes.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 5 atau 16% siswa yang dikategorikan mampu menulis teks eksposisi dan terdapat 27 atau 84% siswa yang dikategorikan belum mampu menulis teks eksposisi. Maka dapat disimpulkan kemampuan menulis teks eksposisi siswa Kelas X SMA Negeri 1 LililiriajaKabupaten Soppeng dikategorikan belum mampu. Adapaun perolehan nilai rata-rata kemampuan menulis teks eksposisi siswa adalah2,26. Dengan perincian, nilai rata-rata kemampuan menulis teks eksposisi segi isi adalah 2,32. Nilai rata-rata kemampuan menulis teks eksposisi segi struktur adalah 2,25. Nilai rata-rata kemampuan menulis teks eksposisi segi kosakata adalah 2,40. Nilai rata-rata kemampuan menulis teks eksposisi segi kalimat adalah 2,23 yang dikategorikan cukup dan nilai rata-rata kemampuan menulis teks eksposisi segi mekanik adalah 2,12. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka disarankan agar guru bidang studi bahasa Indonesia dapat memberikan lebih banyak pengetahuan kepada siswa dalam proses pembelajaran mengenai cara menulis teks dan mengembangkan gagasan sehingga menghasilkan tulisan yang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 22 Mar 2018 04:22
Last Modified: 22 Mar 2018 04:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5942

Actions (login required)

View Item View Item