KEEFEKTIFAN MEDIA PERMAINAN MENCARI PASANGAN KARTU DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMP

MUNASIRAH, IRNA (2020) KEEFEKTIFAN MEDIA PERMAINAN MENCARI PASANGAN KARTU DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar keterampilan berbicara pada kelas kontrol yang belajar menggunakan media gadget; dan (2) mengetahui hasil belajar keterampilan berbicara pada kelas eksperimen yang belajar menggunakan media mencari pasangan kartu; dan (3) mengetahui apakah mencari pasangan kartu efektif dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Perguaruan Islam Ganra. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan di sekolah SMP Perguruan Islam Ganra. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest – Posttest Control Grop. Fokus penelitian ini yaitu, ucapan, tata bahasa, dan kelancaran berbicara yang dikemukakan siswa saat berbicara. Sumber data penelitian, yaitu populasi dan sampel, digunakan populasi dan sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes yakni pretes dan postes. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen utama yakni tes. Hasil keterampilan berbicara pada kelas kontrol dengan menggunakan media gedget, hasil belajar keterampilan berbicara pada kelas eksperimen yang belajar menggunakan media mencari pasangan kartu, dan keefektifan media permainan mencari pasangan kartu dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Di kelas kontrol, hasil yang diperoleh siswa pada tes awal (pretes)nilai terendah dengan skor 55 sedangkan nilai tertinggi mendapat skor 85. Di saat yang sama, hasil tes akhir (postes) mendapat nilai terendah dengan skor 55 dan nilai tertinggi 90. Sedangkan di kelas eksperimen, hasil yang diperoleh siswa pada tes awal (pretes) dengan skor 50 sebagai nilai tersendah sedangka 85 sebagai nilai tertinggi. Dan hasil tes akhir (postest) yang diterapkan pada media mencari pasangan kartu mendapat skor 95 sebagai nilai tertingi sedangkan nilai terendah 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t Hitung = 3.040 dan t Tabel = 0.05= 2.021 maka diperoleh t Hitung > t Tabel atau 3.040 > 2.021. sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Ini berarti terdapat keefektifan media permainan mencari pasangan kartu dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP perguruan islam ganra kabupaten soppeng. Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Media Mencari Psangan Kartu, Kelas Kontrol, dan Kelas Eksperimen.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 02 Dec 2020 06:09
Last Modified: 02 Dec 2020 06:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18655

Actions (login required)

View Item View Item