Keefektifan Model Membaca Total TerhadapMembacaPemahamanSiswaKelas VIII SMP 6 LabakkangLabschoolUniversitasNegeri Makassar di KabupatenPangkajenedanKepulauan

NURHIKMAH, NURHIKMAH (2018) Keefektifan Model Membaca Total TerhadapMembacaPemahamanSiswaKelas VIII SMP 6 LabakkangLabschoolUniversitasNegeri Makassar di KabupatenPangkajenedanKepulauan. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmengkajikeefektifan model membaca total terhadapmembacapemahaman. Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitianeksperimen.Desainpenelitian yang digunakanquasi eksperimen.Penelitianinidilaksanakan di VIII SMP 6 Labakkang.Populasiyaitukeseluruhansiswakelas VIII yang berjumlah 46 siswa.Pengabilansampeldigunakandengancaratekniksampling jenuh.Kelas VIII PangeranDiponegorodipilihsebagaikelaseksperimendankelas VIII Sultan Hasanuddindipilihsebagaikelaskontrol.Instrumen yang digunakandalampenelitianiniyaituInstrumentes yang digunakandalampenelitianiniberupatesobjektifjenispilihangandaataumutiplechiosesebanyak 30 butirsoalpadapretest dan posttest.Data yang terkumpulkemudiandianalisisdenganmenggunakanstatistikdeskriptifdanstatistikinferensial.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa, terdapatperbedaan yang signifikanantaramembacapemahamandenganmenggunakan model membaca total dengantanpa model membaca total. Hal iniditunjukkanadahasilujihipotesismenggunakananalisisinferensialjenisuji-t independen(independent sample test)dengansignifikansiataup-value = 0,000. Karen nilaip-value = 0,000 < 0,05makadapatdisimpulkanbahwaterdapatperbedaansignifikanantaramembacapemahamandenganmenggunkan model membaca total dengantanpa model membaca total. Dengandemikian, membacapemahamandenganmenggunakan model membaca total efektif. (1) Berdasarkanhasilpenelitian yang diperoleh, dapatdiajukanmaka saran yaituguru senantiasamenerapkan model membacatotal terhadapmembacapemahamanpada SMP 6 LabakkangLabschoolUniversitasNegeri Makassar di KabupatenPangkajenedanKepulauandalampembelajaranbahasa Indonesia, khususnyadalamketerampilanmembaca; (2) Untukmeningkatkankualitaspembelajaran, hendaknya guru memprioritaskan model membaca total padamembacapemahaman, karena model iniefektifditerapkan;(3) Diharapkanbagiparapenelitiselanjutnyauntukterusmelakukanpenelitianterhadap model membaca total padasetiapketerampilanberbahasa lain selainketerampilanmembaca.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Jul 2018 02:45
Last Modified: 09 Jul 2018 02:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9454

Actions (login required)

View Item View Item