Analisis Prinsip Kerja Sama Grice dalam Kegiatan Diskusi Kelompok Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Pinrang

Ulfha, Nurul (2017) Analisis Prinsip Kerja Sama Grice dalam Kegiatan Diskusi Kelompok Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Pinrang. S1 thesis, FBS.

[img] Text
4. BAB I.docx

Download (20kB)

ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kematuhan dan pelanggaran maksim-maksim prinsip kerja sama Grice dalam kegiatan diskusi kelompok siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Pinrang.Analisis penelitian difokuskan padakematuhan dan pelanggaran prinsip kerja sama Grice yang terdiri dari 4 maksim yaitu maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevansi dan maksim cara.. Setelah itu penulis mengidentifikasi data-data tersebut berdasarkan keempat maksim prinsip kerja sama Grice tersebut lalu menentukan pematuhan dan pelanggaran prinsip kerja sama Grice. Hasil penelitian menunjukkan beberapa kata dikategorikan sebagai kematuhan yakni “terima kasih”, anda tadi mengatakan”, “sudah paham?” dan dikategorikan sebagai pelanggaran “coba diperjelas jawabannya”. Berdasarkan hasil penelitian ini , disarankan agar siswa meningkatkan minat baca dan bicara karena minat baca dan bicara pada siswa akan berguna dalam kegiatan diskusi kelompok maupun dalam kegiatan pembelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: Dewey Decimal Classification > FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Mar 2018 03:17
Last Modified: 16 Mar 2018 03:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5745

Actions (login required)

View Item View Item