PERAN TOKOH DALAM KEHIDUPAN SOSIAL PADA NOVEL LUKA PEREMPUAN ASAP KARYA NAFI’AH AL-MA’RAB SEBUAH KAJIAN FEMINISME MARXIS

Diana, Nur (2018) PERAN TOKOH DALAM KEHIDUPAN SOSIAL PADA NOVEL LUKA PEREMPUAN ASAP KARYA NAFI’AH AL-MA’RAB SEBUAH KAJIAN FEMINISME MARXIS. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL FEMINISME MARXIS.pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan peran domestik dan peran publik terhadap tokoh dalam novel Luka Perempuan Asap. Data dalam penelitian ini adalah kata, paragraf atau pernyataan mengenai peran novel yang dianggap merepresentasikan hubungannya dengan feminisme Marxis. Sumber data penelitian ini adalah novel Luka Perempuan Asap karya Nafi’ah Al-Ma’rab dengan ketebalan viii, 264; 20 cm. Cetakan 1 diterbitkan pada tahun 2017 oleh Tinta Medina, Solo. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu teknik baca dan catat pada kartu data, melalui tiga teknik analisis yaitu tahap identifikasi, klasifikasi dan deskripsi. Hasil penelitian ini menemukan dua peran penting tokoh dalam novel yang berjudul Luka Perempuan Asap karya Nafi’ah Al-Ma’rab yaitu peran domestik dan peran publik. Peran domestik tergambar pada empat latar yaitu: di teras, di dalam rumah, di depan rumah dan di dapur. Adapun peran publik tergambar pada tiga latar yaitu: di kebun sawit, di rumah sakit dan di kampus (kegiatan kampus). Kata kunci: Feminisme, domestik dan publik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Aug 2018 07:19
Last Modified: 23 Aug 2018 07:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10412

Actions (login required)

View Item View Item