Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Makassar”.

NOERFADHILAH, NOERFADHILAH (2016) Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Makassar”. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK NOERFADHILAH, 2016. “Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Makassar”. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar (Dibimbing oleh Ramly dan Muhammad Saleh). Penelitian ini bertujuan, 1) mengetahui pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMA Negeri 1 Makassar dan 2) mengetahui perbedaan penggunaan media audiovisual dengan tidak menggunakan media audiovisual. Penelitian ini bersifat eksperimen, populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X SMA Negeri 1 Makassar yang berjumlah 480 orang yang terbagi ke dalam enam kelas sampel. Sampel dalam penelitian ini dikelompokkan atas dua kelompok, yaitu siswa kelas X MIA 2 sebanyak 39 orang sebagai kelompok/kelas ekperimen dan siswa kelas X MIA 7 sebanyak 36 orang sebagai kelompok/kelas kontrol. Penarikan sampel menggunakan teknik sampel random sampling yaitu dengan cara memilih sampel secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) cukup berpengaruh penggunaan media dan 2) kelompok siswa yang menggunakan media audiovisual dalam pembelajaran menulis teks prosedur kompleks memiliki hasil yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang tidak menggunakan media audiovisual. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa cukup pengaruh kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMA Negeri 1 Makassar dan ada perbedaan yang signifikan penggunaan media audiovisual dengan tidak menggunakan media audiovisual. Sesuai hasil penelitian ini disarankan kepada guru Bahasa Indonesia, khususnya guru kelas X SMA Negeri 1 Makassar agar tetap berupaya meningkatkan pembelajaran keterampilan menulis, dengan mencari strategi baru yang dapat membantu siswa menulis. Selain itu, diharapkan kepada guru agar menerapkan media audiovisual, baik yang bersifat gambar atau audio dalam pembelajaran menulis, karena media ini efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis. Kata Kunci: media audiovisiual, teks prosedur kompleks, eksperimen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 08 Mar 2017 05:16
Last Modified: 08 Mar 2017 05:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2213

Actions (login required)

View Item View Item