Keefektifan Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) dalam Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMK-SMTI Makassar.

RAZAK, NUR KHADIJAH (2014) Keefektifan Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) dalam Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMK-SMTI Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
NUR KHADIJAH RAZAK..doc

Download (35kB)

Abstract

ABSTRAK NUR KHADIJAH RAZAK. 2014. Keefektifan Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) dalam Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMK-SMTI Makassar. (Dibimbing oleh Anshari dan Johar Amir) Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK-SMTI Makassar melalui pengajaran konvensional (ceramah dan penugasan), (2) mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK-SMTI Makassar melalui model pembelajaran penemuan (discovery learning), dan (3) membuktikan model pembelajaran penemuan (discovery learning) efektif atau tidak efektif digunakan dalam menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK-SMTI Makassar. Desain atau model penelitian yang digunakan adalah desain penelitian yang bersifat eksperimen dengan model eksperimen murni atau true experimental bentuk randomized pretest-postest design. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X SMK-SMTI Makassar yang berjumlah 184 orang yang terbagi atas lima kelas. Sampel penelitian ini dikelompokkan atas dua kelompok, yaitu siswa kelas Xa sebanyak 36 orang sebagai kelas kontrol dan siswa kelas Xc sebanyak 36 orang sebagai kelas eksperimen. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling (random kelas), artinya penentuan sampel dilakukan secara acak dengan mengundi semua kelas untuk dijadikan sampel penelitian. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis. Selanjutnya, keseluruhan data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran menulis teks eksposisi pada Siswa Kelas X SMK-SMTI Makassar dengan menerapkan model pembelajaran penemuan (discovery learning) dikategorikan memadai. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dapat dikatakan bahwa perolehan nilai rata-rata postes kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata postes kelas kontrol. Hal ini terlihat dari perolehan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen berada pada kategori baik dengan nilai 83 yang berada pada rentang nilai 75-85, sedangkan kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi kelas kontrol berada pada kategori baik, namun nilai rata-rata yang diperoleh adalah 75 sebagai nilai ketuntasan minimal yang berada pada rentang nilai 75-85. Selanjutnya, hasil analisis inferensial dengan menggunakan perhitungan uji t tampak pula bahwa penerapan model pembelajaran penemuan (discovery learning) efektif dalam menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK-SMTI Makassar. Hal ini tampak pada nilai t hitung sebesar 5,415 dibandingkan dengan ttabel sebesar 2,04 atau t hitung > t tabel yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima sehingga ada perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran penemuan (discovery learning) dengan tanpa menggunakan model penemuan (discovery learning). ABSTRACT NUR KHADIJAH RAZAK. 2014. The Effectiveness of Discovery Learning Model in Learning to Write Exposition Text of Grade X Students at SMK-SMTI Makassar. (Supervised by Anshari and Johar Amir) This study aimed at (1) describing the ability to write exposition text of grade X students at SMK-SMTI Makassar by employing conventional learning (lecturing and assignment), (2) describing the ability to write exposition text of grade X students at SMK-SMTI Makassar by employing discovery learning model, and (3) proving whether the discovery learning model is effective to be used in writing exposition text of grade X students at SMK-SMTI Makassar. The research design used true experiment in a form of randomized pretest-posttest design. The populations of the study were 184 students of grade X SMK-SMTI Makassar. Samples of the study were divided into two groups consisted of 36 students of grade Xa in the control class and 36 students of grade Xc in the experiment class. The samples were taken by employing simple random sampling technique. Data were collected by using written test. Data were analyzed by employing descriptive statistic and inferential statistic. The result of the study revealed that learning to write exposition text of grade X students at SMK-SMTI Makassar by implementing discovery learning model was categorized as sufficient. Based on the result of descriptive analysis, it was confirmed that the mean score of posttest of the experiment class was higher than the control class, proved by the mean of the experiment class was 83 at the score range 75-85; whereas, the control class was in good category but the mean score was 75 as minimal mastery score which was at the score range 75-85. The result of inferential analysis using t-test indicated that the implementation of discovery learning model was effective in learning to write exposition text of grade X students at SMK-SMTI Makassar, proved by the tcount 5.415 compared to ttable 2.04 or tcount > ttable) meaning that H0 was rejected and H1 was accepted. Thus, the conclusion of the study was, the the hypothesis was accepted, so there were significant differences between the class which employed discovery learning model and without employing discovery learning model.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:20
Last Modified: 26 Jan 2017 07:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23

Actions (login required)

View Item View Item