MAKNA TANDA BERDASARKAN OBJEKNYA DALAM NOVEL BURUNG-BURUNG MANYAR KARYA Y. B. MANGUNWIJAYA (TINJAUAN SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE)

Hardini, Andi (2019) MAKNA TANDA BERDASARKAN OBJEKNYA DALAM NOVEL BURUNG-BURUNG MANYAR KARYA Y. B. MANGUNWIJAYA (TINJAUAN SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE). Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL Andi Hardini.pdf

Download (329kB) | Preview

Abstract

“Makna Tanda Berdasarkan Objeknya dalam Novel Burung-burung Manyar Karya Y. B. Mangunwijaya (Tinjauan Semiotika Charles Sanders Peirce)”. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk-bentuk ikon, indeks, dan simbol dalam novel Burung-burung Manyar karya Y. B. Mangunwijaya dengan menggunakan teori semiotika Charles Sanders Peirce. Data penelitian ini adalah kalimat-kalimat yang mengungkapkan bentuk ikon, indeks, dan simbol dalam novel Burung-burung Manyar karya Y. B. Mangunwijaya yang diterbitkan oleh Kompas pada tahun 2014. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, teknik baca, dan teknik catat. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori Semiotika Charles Sanders Peirce. Tema dari novel Burung-burung Manyar karya Y. B. Mangunwijaya yakni kegagalan hidup seorang laki-laki dan amanat dalam novel ini yakni jadilah manusia yang mampu dan sanggup menjalani kehidupannya dengan baik serta siap menerima risiko apapun dari perbuatan yang telah dilakukannya. Hasil penelitian ditemukan tiga bentuk ikon, dua bentuk indeks, dan dua bentuk simbol. Bentuk ikon dalam novel ini, yakni tokoh Teto sebagai ikon laki-laki gagal, tokoh Atik sebagai ikon wanita cerdas, dan tokoh Bu Antana sebagai ikon ibu yang tulus. Bentuk indeks dalam novel ini, yakni indeks malangnya kehidupan percintaan tokoh Teto dan indeks kelincahan sikap tokoh Atik. Bentuk simbol yang terdapat dalam novel ini, yakni simbol budaya Jawa dan simbol bahasa Belanda. Saran dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi peneliti lain dalam mengakaji penelitian sastra khususnya menggunakan teori Semiotika Charles Sanders Peirce atau teori sastra lainnya. Kata Kunci: semiotika, ikon, indeks, simbol

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Aug 2019 02:42
Last Modified: 26 Aug 2019 02:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14659

Actions (login required)

View Item View Item