PERBANDINGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT ANTARA SISWA KELAS X MIA DAN IIS SMA NEGERI 2 PANGKAJENE

Syandiami, Nugra Reski (2016) PERBANDINGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT ANTARA SISWA KELAS X MIA DAN IIS SMA NEGERI 2 PANGKAJENE. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL .docx

Download (79kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian deskriptif komparatif yang dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan Perbandingan Kemampuan Menulis Teks Anekdot antara Siswa kelas X MIA dan Siswa Kelas X IIS SMA Negeri 2 Pangkajene Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Pangkajene Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri atas 6 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 182. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dan terpilih kelas X MIA Ki Hajar Dewantara dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang dan Kelas X IIS David Richardo dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X MIA SMA Negeri 2 Pangkajene Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan dikategorikan belum mampu. Hal ini dapat dilihat dari persentase siswa yang dikategorikan mampu dalam menulis teks anekdot belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan yaitu 85%. Ketuntasan dengan nilai 75 ke atas siswa kelas X MIA sebanyak 73,33%. Sementara itu, ketuntasan dengan nilai 75 ke atas yang diperoleh siswa kelas X IIS SMA Negeri 2 Pangkajene Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan sebanyak 66,67% atau dengan kata lain pesentase siswa yang dikategorikan mampu dalam menulis teks anekdot belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan yaitu 85%. Berdasarkan statistik inferensial uji t, diperoleh nilai t hitung yaitu 0,993 dengan df 58. Adapun nilai t tabel untuk df 58 yaitu 1,67155, berarti nilai t hitung ≤ t tabel maka hipotesis nol (H0) diterima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak sehingga tidak ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X MIA dan siswa kelas X IIS SMA negeri 2 Pangkajene Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Sesuai dengan hasil penelitian ini, disarankan sebagai berikut: (1) Guru mata pelajaran bahasa Indonesia sebaiknya mencari dan menerapkan model pembelajaran atau strategi mengajar yang lebih variatif dan kreatif guna meningkatkan motivasi dan keterampilan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya menulis teks anekdot. (2) Siswa hendaknya lebih memotivasi diri sendiri dengan lebih giat belajar, memperbanyak membaca, latihan menulis dan memperhatikan hal-hal sekitar untuk meningkatkan keterampilan menulis, khususnya teks anekdot. (3) Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan perbandingan untuk meningkatkan kualitas pengajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya menulis teks anekdot. Kata kunci : Menulis, dan Teks Anekdot

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 31 Oct 2017 00:49
Last Modified: 31 Oct 2017 00:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3482

Actions (login required)

View Item View Item