Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Makassar Menulis Rupama Menggunakan Media Gambar

Rahman, Fitriani (2017) Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Makassar Menulis Rupama Menggunakan Media Gambar. Diploma thesis, FBS.

[img]
Preview
Text
3 ISI SKRIPSI.pdf

Download (324kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Negeri Makassar Menulis Rupama Menggunkan Media Gambar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Makassar yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 333. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dan terpilihlah kelas VIII 9 dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tulis. Data penelitian ini dianalisis melalui beberapa tahap: (1) membuat skor mentah; (2) membuat distribusi frekuensi kuantitatif dari skor mentah; (3) menentukan frekuensi kuantitatif perolehan nilai; dan (4) menentukan patokan tingkat penguasaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Makassar menulis rupama menggunakan media gambar dikategorikan belum mampu. Hal ini dapat dilihat dari persentase siswa yang mampu dalam menulis rupama menggunakan media gambar belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah tentukan yaitu 80%. Ketuntasan dengan nilai 75 keatas yang diperoleh siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Makassar sebanyak 12,5% atau dengan kata lain persentase siswa yang dikategorikan mampu dalam menulis rupama menggunakan media gambar belum mencapai kriteria ketuntasan yang telah ditentukan yaitu 80%. Sesuai dengan hasil penelitian ini, disarankan sebagai berikut: (1) Sebaiknya pembelajaran bahasa daerah harus tetap diajarkan di sekolah, karena di sekolah adalah tempat dimana berkumpulnya generasi muda sebagai pelopor majunya suatu bangsa dan sangat berpengaruh bagi pelestarian budaya Makassar. (2) Sebaiknya guru mengajarkan kosakata kepada siswa agar siswa tidak kesusahan saat membuat rupama/dongeng pada khususnya. (3) Bagi siswa, sebaiknya siswa menggunkan bahasa Makassar dalam kehidupan sehari-harinya agar mereka tidak melupakan bahasa ibu mereka yaitu bahasa Makassar. Kata Kunci: Kemampuan, Menulis, Rupama, Media Gambar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Dec 2017 07:50
Last Modified: 18 Dec 2017 07:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4297

Actions (login required)

View Item View Item