EKSISTENSI TOKOH PEREMPUAN DALAM NOVEL TELEMBUK; DANGDUT DAN KISAH CINTA YANG KEPARAT KARYA KEDUNG DARMA ROMANSHA (FEMINISME EKSISTENSI SIMON DE BEAUVOIR)

Yesitiana S, Yesitiana S (2019) EKSISTENSI TOKOH PEREMPUAN DALAM NOVEL TELEMBUK; DANGDUT DAN KISAH CINTA YANG KEPARAT KARYA KEDUNG DARMA ROMANSHA (FEMINISME EKSISTENSI SIMON DE BEAUVOIR). Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL YESITIANA S (1).pdf

Download (360kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK YESTIANA S., 2019. “Eksistensi Tokoh Perempuan dalam Novel Telembuk; Dangdut dan Kisah Cinta yang Keparat Karya Kedung Darma Romansha (Kajian Feminisme Eksistensialis Simon De Beauvoir)”. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Juanda dan Faisal). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk marginalisasi dan perlawanan tokoh perempuan sebagai wujud eksistensialis pada novel Telembuk; Dangdut dan Kisah Cinta yang Keparat karya Kedung Darma Romansha. Data penelitian ini diperoleh melalui metode studi pustaka. Data dalam penelitian ini adalah teks-teks, berupa kutipan atau ungkapan yang terdapat dalam novel Telembuk; Dangdut dan Kisah Cinta yang Keparat yang ditulis oleh Kedung Darma Romansha. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Telembuk; Dangdut dan Kisah Cinta yang Keparat yang ditulis oleh Kedung Darma Romansha yang terbit tahun 2017 oleh penerbit Indie Book Corner 2017 dengan jumlah halaman 412. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik baca dan teknik catat. Hasil penelitian ini adalah menampilkan eksistensi tokoh perempuan dalam novel Telembuk; Dangdut dan Kisah Cinta yang Keparat yang ditulis oleh Kedung Darma Romansha yang terdiri dari 39 data yang dijabarkan untuk mengetahui bagaimanakan bentuk-bentuk marginalisasi dan perlawanan perempuan dalam menunjukkan eksistensinya. Novel ini mengangkat tema perlawanan perempuan dalam menghadapi berbagai ketidakadilan karena kodrat dan jenis kelaminnya. Diharapkan agar penelitian selanjutnya dapat melakukan penelitian lebih mendalam dengan menggunakan teori feminisme eksistensialis. Kata kunci: feminisme, eksistensialis, dan feminisme eksistensialis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Jul 2019 05:26
Last Modified: 16 Jul 2019 05:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14162

Actions (login required)

View Item View Item