IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA DI KELAS VIII SMP NEGERI 25 MAKASSAR

Ichsani, St. Nur (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA DI KELAS VIII SMP NEGERI 25 MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
[PDF] Artikel Implementasi Pembelajaran Menulis Teks Drama di Kelas VIII SMP Negeri 25 Makassar oleh ST. Nur Ichsani 1551~1.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK St. Nur Ichsani, 2015. “Implementasi Pembelajaran Menulis Teks Drama di Kelas VIII SMP Negeri 25 Makassar”. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Ramly dan Sultan). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran menulis teks drama di kelas VIII SMP Negeri 25 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan data berupa tahapan pembelajaran yang dilaksanakan oleh salah satu guru kelas VIII di SMP Negeri 25 Makassar. Teknik pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi (video), dan wawancara. Instrumen yang digunakan berupa human instrumen sebagai instrumen utama dan panduan analisis perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran serta panduan wawancara sebagai instrumen pendukung. Hasil pembahasan menunjukkan 1) Analisis terhadap perencanaan pembelajaran menulis teks drama berupa RPP yang dibuat oleh guru menghasilkan, seluruh kompenen telah terpenuhi selain mencantumkan kunci jawaban soal pada RPP; 2) Analisis terhadap proses pelaksanaan pembelajaran menulis teks drama yang dilakukan oleh guru menghasilkan, pelaksanaan pembelajaran tidak berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan pada RPP karena adanya perubahan alokasi waktu pembelajaran yang disesuaikan dengan kesibukan guru; 3) Analisis terhadap penilaian pembelajaran menulis teks drama yang dilaksanakan oleh guru menghasilkan, pada penilaian afektif guru menggunakan jenis penilaian observasi dan jurnal, pada penilaian afektif guru merencanakan tes tertulis, tes lisan, dan penugasan tetapi hanya melaksanakan tes lisan dan penugasan, untuk penilaian psikomotorik guru menggunakan penilaian produk, proyek, dan praktik tetapi tidak mencantumkan penilaian praktik pada RPP. Kata kunci: pelaksanaan, penilaian, perencanaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Aug 2019 06:34
Last Modified: 23 Aug 2019 06:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14645

Actions (login required)

View Item View Item