KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BAHASA BUGIS MELALUI LANGKAH-LANGKAH 5 M DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BUNGORO KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN

Nasriani, Nasriani (2018) KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BAHASA BUGIS MELALUI LANGKAH-LANGKAH 5 M DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BUNGORO KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
ARTIKEL NASRIANI 1455042019.docx

Download (40kB)

Abstract

ABSTRAK Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Bahasa Bugis Melalui Langkah-Langkah 5 M dalam Pendekatan Saintifik Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Bungoro Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis teks laporan hasil observasi bahasa Bugis melalui langkah-langkah 5 M dalam pendekatan saintifik siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bungoro Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan dan (2) keterampilan menulis teks laporan hasil observasi bahasa Bugis melalui langkah-langkah 5 M dalam pendekatan saintifik siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bungoro Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan berdasarkan struktur teks. Penelitian ini bersifat statistik deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi dan teknik tes pada sampel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis teks laporan hasil observasi bahasa Bugis melalui langkah-langkah 5 M dalam pendekatan saintifik siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bungoro Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan terlihat dan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bungoro Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan terampil menuliskan teks laporan hasil observasi bahasa Bugis melalui langkah-langkah 5 M dalam pendekatan saintifik. Kata kunci: Teks Laporan Hasil Observasi, Langkah-Langkah 5 M ABSTRACT Writing Text Skills Bugis Language Observation Reports Through the 5 M Steps in the Scientific Approach of Grade VII Students of SMP Negeri 3 Bungoro Pangkajene Regency and Islands This study aimed to describe (1) the implementation of learning skill in writing the text of observation result of Bugis language through 5 M steps in scientific approach of class VII students of SMP Negeri 3 Bungoro Kabupaten Pangkajene and Kepulauan and (2) writing skill of Bugis language observation report steps 5 M in the scientific approach of students of class VII SMP Negeri 3 Bungoro Pangkajene and Kepulauan Islands based on text structure. This research is a quantitative descriptive statistic. The data collection in this research is done by observation technique and test technique on the research sample. The results of this study indicate that the implementation of learning skills writing text reports Bugis language observation results through the steps 5 M in the scientific approach of students of class VII SMP Negeri 3 Bungoro Pangkajene and the Islands are visible and students of class VII SMP Negeri 3 Bungoro Pangkajene District and Islands skilled write the text of the Bugis language observation report through the 5 M steps in the scientific approach. Keywords: Text of Observation Result Report, Steps 5 M

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Jul 2018 06:02
Last Modified: 18 Jul 2018 06:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9669

Actions (login required)

View Item View Item