Keefektifan Penggunaan Media Gambar Berseri dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Masamba

Rahmat, N. (2017) Keefektifan Penggunaan Media Gambar Berseri dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Masamba. Diploma thesis, FBS.

[img]
Preview
Text
KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MASAMBA.pdf

Download (44MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keterampilan menulis cerpen tanpa menggunakan media gambar berseri, (2) mendeskripsikan keterampilan menulis cerpen dengan menggunakan media gambar berseri. (3) membuktikan keefektifan media gambar berseri dalam pembelajaran menulis cerpen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan one group pretestpostest design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu penerapan media gambar berseri dalam pembelajaran sebagai variabel bebas, dan keterampilan menulis cerpen sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Masamba, sedangkan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh sampel kelas X.MIPA 1 sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan posttes terhadap satu kelas dengan perlakuan berbeda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh siswa dalam keterampilan menulis cerpen tanpa menggunakan media gambar berseri kelas X SMA Negeri 1 Masamba tidak mencapai ketuntasan. Ketidaktuntasan siswa dalam menulis cerpen dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu siswa kurang tertarik dan cepat merasa bosan dengan materi yang disajikan oleh guru sehingga siswa kurang termotivasi untuk menyelesaikan cerpen dengan baik, sedangkan nilai yang diperoleh siswa dalam keterampilan menulis cerpen dengan menggunakan media gambar berseri kelas X SMA Negeri 1 Masamba telah mencapai ketuntasan. Ketuntasan siswa dalam menulis cerpen dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu siswa lebih tertarik, antusias, dan kreatif dalam menuangkan ide dan gagasannya dalam bentuk cerpen. Media gambar berseri efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis cerpen. Hal ini dibuktikan oleh nilai thitung = 6,387 dengan taraf signifikansi (p) = 0,05. Untuk nilai ttabel = 1,691 yang diperoleh dari daftar nilai ttabel yang sudah ditentukan. Sesuai dengan kaidah uji hipotesis untuk nilai thitung = 6,387 ≥ ttabel = 1,691, maka secara signifikan untuk menerima H1 dan menolak H0.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 01:46
Last Modified: 02 Apr 2018 01:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6459

Actions (login required)

View Item View Item