Keefektifan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Kemampuan Menemukan Unsur Intrinsik Cerpen Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Keera Kecamatan Keera Kabupaten Wajo

Dasrawati, Tenri (2014) Keefektifan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Kemampuan Menemukan Unsur Intrinsik Cerpen Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Keera Kecamatan Keera Kabupaten Wajo. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Tenri Dasrawati..doc

Download (35kB)

ABSTRAK Tenri Dasrawati. 2014. Keefektifan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Kemampuan Menemukan Unsur Intrinsik Cerpen Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Keera Kecamatan Keera Kabupaten Wajo (dibimbing oleh Johar Amir dan Mahmudah). Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan kemampuan menemukan unsur intrinsik cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 2 Keera Kecamata Keera Kabupaten Wajo dengan menggunakan model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT), (2) mendeskripsikan kemampuan menemukan unsur intrinsik cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 2 Keera Kecamata Keera Kabupaten Wajo dengan menggunakan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD), (3) membuktikan efektif tidaknya model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT)dalam menemukan unsur intrinsik cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 2 Keera Kecamatan Keera Kabupaten Wajo. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian eksperimen murni. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Keera Kecamatan Keera Kabupaten Wajo berjumlah 34 orang yang terbagi ke dalam dua kelas. Sampel penelitian untuk kelas eksperimen yaitu 16 orang dan untuk kelas kontrol berjumlah 18 orang. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan, yaitu observasi dan tes. Teknik yang digunakan untuk memeroleh data penelitian ini, yaitu teknik tes. Data yang terkumpul dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial jenis uji t yang diolah dengan menggunakan program SPSS For Windows Versi 20. Hasil penelitian menunjukkan (l) hasil kemampuan menemukan unsur intrinsik cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 2 Keera Kecamatan Keera Kabupaten Wajo dengan menggunakan model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dikategorikan tinggi dan telah mencapai ketuntasan belajar. Hal ini dibuktikan dengan nilai yang diperoleh siswa sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan, kriteria yang telah ditetapkan yaitu 85% siswa mampu mencapai nilai 75 ke atas, dalam penelitian ini siswa yang memeroleh nilai 75 ke atas dicapai oleh 14 orang siswa, (2) hasil kemampuan menemukan unsur intrinsik cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 2 Keera Kecamatan Keera Kabupaten Wajo dengan menggunakan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD), dikategorikan sangat rendah dan belum mencapai ketuntasan belajar karena nilai yang diperoleh siswa belum mencapai kriteria yang telah ditetapkan. Siswa yang memeroleh nilai 75 ke atas hanya 6 orang siswa atau 33,33%. (3) Model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) efektif digunakan dalam pembelajaran menemukan unsur intrinsik cerpen karena telah dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa nilai t hitung 4,385 > nilai t tabel 1,70. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis alternatif ( ) penelitian yang diajukan diterima. ABSTRACT TENRI DASRAWATI. 2014. The Effectiveness of Cooperative Model Of Teams Games Tournament (TGT) in Finding The Intrinsic Elements of Short Story Of Grade IX Students at SMPN 2 Keera in Keera Subdistrict Of Wajo Districts. This study aims (1) to examine the ability of finding the intrinsic elements of short story of grade IX students at SMPN 2 Keera subdistrict of Wajo districts using cooperative learning model of TGT (Team Games Tournament) type, (2) to examine the ability of finding the intrinsic elements of short story of grade IX students at SMPN 2 Keera in Keera subdistrict of Wajo district using cooperative learning model of STAD (Student Team Achievement Division) type, (3) to reveal the effectiveness of cooperative model of teams games tournament (tgt) in finding the intrinsic elements of short story of grade IX students at smpn 2 keera in keera subdistrict of wajo districts. The research design used in this study is purely experimental research. The population were all 34 students of grade IX students at smpn 2 keera in keera subdistrict of wajo districts which divided into two classes. Research sample for the experiment class was 16 people and the control class was 18 people taken by employing total sampling technique. Technique used to obtain the data was test technique. Data collections were analyzed using descriptive statistics analysis technique and inferential statistics of t-test are processed using SPSS for Windows version 20. The results reveal that (1) the result of the ability of finding the intrinsic elements of short story of grade IX students at SMPTN 2 Keera subdistrict of Wajo districts using cooperative learning model of TGT type is categorized as high and has achieved mastery learning, proved by the value obtained by the students in accordance with the criteria that have been set, that 85% or 14 students were able to achieve the score above 75, (2) the result of the ability of finding the intrensic elements of short story of grade IX students at SMPN 2 Keera in Keera Subdistrict of Wajo districts using cooperative learning model of STAD type is categorized as very low and does not achieve mastery of learning because they have yet to achieve the set criteria, that 33,33% or 6 students achieved the score above 75, (3) the cooperative learning model of TGT type is effective to be used in learning to read literature to find the intrinsic elements of the short story. The comparison of the results of the experimental class and the control class shows that the tcount > ttable, which proved that the proposed hypothesis is accepted.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: Dewey Decimal Classification > FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Dec 2016 03:30
Last Modified: 09 Dec 2016 03:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1720

Actions (login required)

View Item View Item