KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PALLANGGA KABUPATEN GOWA

Fadhilah, Amirah (2018) KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PALLANGGA KABUPATEN GOWA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL BAHASA INDONESIA.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kemampuan memahami struktur isi teks eksplanasi siswa kelas VII Tahun Ajaran 2018/2019 SMP Negeri 1 Pallangga kabupaten Gowa dan 2) mendeskripsikan kemampuan memahami fitur bahasa teks eksplanasi siswa kelas VII Tahun Ajaran 2018/2019 SMP Negeri 1 Pallangga kabupaten Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis deskripsi. Populasi penelitian ini ialah semua siswa regular kelas VII SMP Negeri 1 Pallangga kabupaten Gowa yang berjumlah 342 siswa. Dalam penelitian ini ditetapkan sampel sebanyak satu kelas, yaitu kelas VII-4 yang berjumlah 32 siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan metode acak (random sampling). Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik tes pilihan ganda sebanyak tiga puluh nomor; lima belas soal berkaitan dengan struktur isi dan lima belas soal berkaitan dengan fitur bahasa teks eksplanasi. Keseluruhan data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan skala nilai 1-4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pallangga kabupaten Gowa dalam tes kemampuan memahami struktur isi adalah 2,67. Nilai tertinggi yaitu 4 dicapai oleh 4 siswa, sedangkan nilai terendah yang diperoleh siswa adalah 1,33 yang dicapai oleh 2 siswa. (2) nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pallangga dalam memahami fitur bahasa teks eksplanasi adalah 2,39. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa yaitu 4 yang dicapai oleh 1 siswa, sedangkan nilai terendah yang diperoleh siswa yaitu 1 yang dicapai oleh 2 siswa. Jadi hasil analisis umum menunjukkan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pallangga kabupaten Gowa yang mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) di atas 3,00 sebanyak 3,22% dan siswa yang memeroleh nilai di bawah 3,00 sebanyak 96,77%. Dengan demikian, disimpulkan bahwa siswa SMP Negeri 1 Pallangga kabupaten Gowa belum mampu memahami teks teks eksplanasi. Oleh karena itu, penulis menyarankan kepada para guru, khususnya guru mata pelajaran bahasa Indonesia pada sekolah menengah pertama agar kiranya penelitian ini dapat menjadi masukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia. Kata Kunci: kemampuan, teks eksplanasi, struktur isi, fitur bahasa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2018 06:43
Last Modified: 06 Dec 2018 06:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11567

Actions (login required)

View Item View Item