ANALISIS TUTURAN PENOLAKAN DALAM DISKUSI KELAS MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Muzakkar, Muzakkar (2019) ANALISIS TUTURAN PENOLAKAN DALAM DISKUSI KELAS MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL SKRIPSI.pdf

Download (547kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muzakkar. 2019. “Analisis Tuturan Penolakan dalam Diskusi Kelas Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar”. (Dibimbing oleh Sultan dan Andi Agussalim). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tuturan penolakan yang digunakan oleh mahasiswa baik itu bentuk, strategi dan fungsi tuturan penolakan yang digunakan dalam diskusi kelas mahasiswa program studi Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan rancangan deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik simak bebas libat cakap. Analisis data dengan melalui interpretasi. Hasil penelitian diskusi kelas mahasiswa program studi Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar menunjukkan bahwa bentuk tuturan penolakan terdiri atas tuturan deklaratif, tuturan interogatif dan tuturan imperatif. Selanjutnya strategi tuturan penolakan terdiri atas pernyataan penyesalan, harapan, pernyataan alternatif, penerimaan di masa depan atau masa lampau, usaha untuk menghalangi, penerimaan yang berfungsi sebagai penolakan dan penghindaran. Serta fungsi tuturan penolakan terdiri atas menyalahkan, mengkritik, mempertahankan argumen, mencari kebenaran, memperluas wawasan dan melatih berpikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian di atas mahasiswa dapat menggunakan tuturan penolakan sebagaimana fungsinya, dalam berdiskusi pemateri dan peserta diskusi sebaiknya menggunakan bentuk, strategi dan fungsi tuturan penolakan. Kata Kunci: Tuturan penolakan, Diskusi kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Oct 2019 05:17
Last Modified: 28 Oct 2019 05:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15276

Actions (login required)

View Item View Item