Manifestasi Kebutuhan Bertingkat pada Tokoh dalam Novel Seumpama Matahari Karya Arafat Nur (Pendekatan Psikologi Humanistik Abraham Maslow)

Kasma, Kasma (2018) Manifestasi Kebutuhan Bertingkat pada Tokoh dalam Novel Seumpama Matahari Karya Arafat Nur (Pendekatan Psikologi Humanistik Abraham Maslow). Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Document20.pdf

Download (48kB) | Preview

Abstract

Kasma, 2018. “”. Skripsi Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar dibimbing oleh . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran kebutuhan tokoh dalam novel Seumpama Matahari karya Arafat Nur menggunakan Pendekatan Psikologi Humanistik Abraham Maslow. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah novel Seumpama Matahari karya Arafat Nur yang diterbitkan oleh Diva Press di Yogyakarta pada tahun 2017 dengan tebal 114 halaman. Data dalam penelitian ini adalah teks yang berupa kata atau kalimat yang menunjukkan gambaran kebutuhan tokoh utama maupun tokoh tambahan dalam novel Seumpama Matahari karya Arafat Nur berdasarkan teori kebutuhan Psikologi Humanistik Abraham Maslow. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik baca dan teknik catat. Data dalam penelitian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aspek kebutuhan dalam novel Seumpama Matahari karya Arafat Nur, terdapat pada tokoh utama dan tokoh tambahan. Pada tokoh utama memenuhi semua aspek kebutuhan menurut teori Maslow, yaitu kebutuhan: rasa aman, dasar fisiologis, cinta dan memiliki, menghargai dan dihargai, dan aktualisasi diri. Pada tokoh tambahan tidak semua aspek kebutuhan terpenuhi dalam novel Seumpama Matahari karya Arafat Nur, adapun kebutuhan yang dapat terpenuhi oleh tokoh tambahan yaitu kebutuhan: cinta dan memiliki, kebutuhan dasar fisiologis, rasa aman, dan kebutuhan menghargai dan dihargai. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi masukan dalam meneliti dan mengembangkan penelitian lebih lanjut berkenaan dengan teori Psikologi Humanistik Abraham Maslow dalam karya ilmiah. Kata kunci : manifestasi,kebutuhan, tokoh, psikologi humanistik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Aug 2018 08:04
Last Modified: 20 Aug 2018 08:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10372

Actions (login required)

View Item View Item