KESADARAN DAN KETIDAKSADARAN TOKOH DALAM NOVEL TARIAN DUA WAJAH KARYA S. PRASETYO UTOMO KAJIAN PSIKOLOGI ANALITIS CARL GUSTAV JUNG

mutmainna, mutmainna (2019) KESADARAN DAN KETIDAKSADARAN TOKOH DALAM NOVEL TARIAN DUA WAJAH KARYA S. PRASETYO UTOMO KAJIAN PSIKOLOGI ANALITIS CARL GUSTAV JUNG. Diploma thesis, FBS.

[img]
Preview
Text
Artikel (Mutmainna_1251142004.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesadaran dan ketidaksadaran tokoh dalam novel Tarian Dua Wajah dengan menitikberatkan pada kajian Carl Gustav Jung. Data penelitian ini yaitu kata, frasa dan kalimat yang mengungkapkan kesadaran dan. Ketidaksadaran dalam novel Tarian Dua Wajah karya S Prasetyo Utomo yang diterbitkan oleh gramedia pada tahun 2016. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca dan teknik catat. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori psikologi analitis Carl Gustav Jung . Hasil penelitian yaitu (1) Ditemukan tigabelas data dalam novel Tarian Dua Wajah tentang kesadaran. (2) Ditemukan tiga puluh data dalam novel Tarian Dua Wajah tentang ketidaksadaran. Kesadaran yang ditemukan dalam data yaitu fungsi jiwa dan sikap jiwa, fungsi jiwa terdapat empat bagian yaitu perasaan, pikiran, indraan dan intuisi sedangkan sikap jiwa terdapat dua bagian yaitu ekstrovert dan introvert. Ketidaksadaran terbagi menjadi dua bagian yaitu pribadi dan kolektif. Ketidaksadaran kolektif dibagi berbagai macam arketipe yaitu arketipe the shadow (bayang-bayang), arketipe the lover, arketipe the mother (ibu) arketipe the father (ayah), arketipe the trickster (penipu), arketipe the explorer (penjelajah), arketipe entertainment (penghibur) dan arketipe the wise old man. Adapun saran dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi peneliti lain dalam mengkaji penelitian sastra khususnya mengunakan teori Psikologi Analitis Carl Gustav Jung atau teori sastra lainnya. Kata Kunci : Psikologi Analitis, Kesadaran, Ketidaksadaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Apr 2019 04:05
Last Modified: 16 Apr 2019 02:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13046

Actions (login required)

View Item View Item