Analisis Penggunaan Campur Kode dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 4 Monta Kabupaten Bima

Suhada, Suhada (2017) Analisis Penggunaan Campur Kode dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 4 Monta Kabupaten Bima. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan unsur campur kode dan mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya campur kode dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 4 Monta Kabupaten Bima.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa tuturan guru dan siswa dalam bentuk percakapan/ujaran yang memuat kata, frasa, dan klausa yang memiliki unsur campur kode dan faktor penyebab terjadinya campur kode dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Sumber data pada penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia kelas VIII dan siswa kelas VIII yang diwakili oleh kelas VIII-C SMP Negeri 4 Monta Kabupaten Bima pada situasi formal yang memunculkan campur kode. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi, rekam, catat, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan mengklasifikasi dan mengelompokkan data yang berunsur campur kode dan faktor penyebabnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur campur kode dalam kegiatan belajar-mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu campur kode yang berwujud kata, frasa, dan klausa (nominal, verbal, adjektival, adverbial, dan numeral) ; faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya campur kode dalam kegiatan belajar-mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah kebiasaan, adanya situasi santai, mengungkapkan perasaan kesal, sikap penutur/lawan tutur, dan memberikan pemahaman tentang materi pelajaran. Kata Kunci: kedwibahasaan, kode, campur kode

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 06:00
Last Modified: 06 Apr 2018 06:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7002

Actions (login required)

View Item View Item