Kemampuan Mengubah Teks Wawancara Menjadi Teks Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Lembang Kabupaten Pinrang.

Sari, Dwi Meyliana (2016) Kemampuan Mengubah Teks Wawancara Menjadi Teks Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Lembang Kabupaten Pinrang. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
09 ISI.doc

Download (331kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan mengubah teks wawancara menjadi teks narasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lembang Kabupaten Pinrang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lembang Kabupaten Pinrang tahun ajaran 2015-2016 yang berjumlah 189 siswa yang terbagi dalam 6 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas VII.2 dengan jumlah sampel 30 siswa. Penarikan sampel pada penelitan ini menggunakan teknik undian kelas atau biasa juga disebut dengan istilah cluster random sampling. Teknik yang digunakan mengumpulkan data yaitu teknik tes. Analisis data dilakukan melalui analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mengubah teks wawancara menjadi teks narasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lembang Kabupaten Pinrang tergolong belum mampu karena jumlah siswa yang memperoleh nilai 70-100 belum mencapai standar kelulusan yang ditetapkan yaitu 85%. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa dari 30 siswa yang dijadikan sampel, yang memperoleh nilai 70-100 sebanyak 14 siswa (46,67%) sedangkan yang memperoleh nilai 0-69 sebanyak 16 siswa (53,33%). Adapun aspek yang memengaruhi ketidakmampuan siswa dalam mengubah teks wawancara menjadi teks narasi yaitu tingkat pemahaman siswa mengenai keterampilan menulis masih kurang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Dec 2017 05:59
Last Modified: 14 Mar 2018 06:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4162

Actions (login required)

View Item View Item