NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PUISI KORAN HARIAN FAJAR EDISI MEI 2018

BASRI, ST. AAS MAHARI (2019) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PUISI KORAN HARIAN FAJAR EDISI MEI 2018. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Artikel St. Aas Mahari Basri.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK “Nilai Pendidikan Karakter dalam Puisi Koran Harian FAJAR Edisi Mei 2018”. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan kandungan nilai-nilai pendidikan karakter dalam puisikoran Harian FAJAR Edisi Mei 2018, seba-nyak delapan puisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif interpretatif, yakni metode yang berisi ungkapam atau pandangan mengenai data yang diperoleh dari objek yang diteliti dengan cara menafsirkan data tersebut den-gan pandangan yang baru mengenai nilai pendidikan karakter. Data-data tersebut dianalisis berdasarkan teori interpretatif Max Weber yang berlandaskan tentang pemahaman teks dengan konsep hermeneutik, yakni suatu pendekatan khusus terhadap pemahaman dan penafsiran tulisan-tulisan yang dipublikasikan.Tujuannya adalah memahami pemikiran pengarang maupun struk-tur dasar teks.Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dan dokumentasi dengan teknik pengumpulan data ada tiga, yaitu identifikasi, reduksi data, dan penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukkan dari delapan puisi yang diteliti tidak memuat semua karakter yang tercantum dalam rumusan Kemendiknas, hanya ada 11 dari 18 nilai pendidikan karakter dalam rumusan Kemendiknas, yaitu jujur, kerja ke-ras, peduli sosial, cinta tanah air, religius, bersahabat atau komunikatif, tanggung jawab, Mandiri, Menghargai Prestasi, rasa ingin tahu, dan demokratis. Kata Kunci :Karakter, Koran Harian FAJAR, Nilai Pendidikan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Oct 2019 05:35
Last Modified: 28 Oct 2019 05:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15280

Actions (login required)

View Item View Item