KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI TENTANG PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 PAREPARE TAHUN AJARAN 2019/2020

Kasmiati, Kasmiati (2021) KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI TENTANG PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 PAREPARE TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X SMA Negeri 3 Parepare yang berjumlah 127 orang dan terbagi ke dalam 5 kelas. Jadi jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 25 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan proporsional random sample (sampel acak berimbang) dengan pertimbangan bahwa subjek yang diteliti itu mempunyai sifat dan kemampuan yang hampir sama. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah teknik penugasan. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data adalah teknik statistic deskriptif kuantitatif. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif ragam persentase yang diolah dengan program komputer sistem Statistical Product Service Solution (SPSS) versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuaan menulis teks laporan hasil observasi pada pembelajaran daring di masa pandemi siswa kelas X SMA Negeri 3 Parepare berkategori cukup. Hal ini dibuktikan dengan pemerolehan skor siswa pada empat aspek, yaitu: 1) aspek isi yaitu 2,7 yang berada pada kategori baik, 2) aspek struktur teks yaitu 2,4 yang berada pada kategori cukup, 3) aspek ciri kebahasaan yaitu 2,6 yang berada pada kategori baik, dan 4) aspek penulisan ejaan yaitu 2,2 yang berada pada kategori cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi berkategori cukup dengan perolehan nilai rata-rata yakni 64,04. Hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam meneliti kemampuan siswa menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan model, metode, strategi pembelajaran yang baik dan mudah diterapkan oleh guru dan siswa sehingga mampu memahami pembelajaran teks dengan baik khususnya pada aspek ciri kebahasaan dan penulisan ejaan. Kata kunci: Kemampuan, Menulis, Teks Laporan Hasil Observasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 23 Mar 2021 05:13
Last Modified: 23 Mar 2021 05:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19651

Actions (login required)

View Item View Item