Unsur Aporia Dalam Novel Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas Karya Eka Kurnian Tinjauan Dekonstruksi Jacques Derrida

Ikbal, Muh. and Nensilianti, Nensilianti and Hajrah, Hajrah (2019) Unsur Aporia Dalam Novel Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas Karya Eka Kurnian Tinjauan Dekonstruksi Jacques Derrida. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel-dikonversi.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanunsur aporia teori dekonstruksi Jacques Derrida yakni berupa makna-makna paradoks dalam novel Seperti dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas karya Eka Kurniawan.Jenis penelitian adalah jenis penelitian kualitatif.Data penelitian ini adalah pernyataan atau kutipan teks yang berisi kebenaran absolut, penangguhan kebenaran absolut, dan unsur aporia yakni makna paradoks. Sumber data penelitian ini adalah novel Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas karya Eka Kurniawan dengan tebal 252 halaman, diterbitkan pertama kali oleh PT Gramedia Pustaka Utama. Cetakan mei2014. Pengumpulan data penelitan menggunakan teknik baca dan teknik catat.Analisis data dengan mengidentifikasi kebenaran absolut dan penangguhan kebenaran absolut yang menimbulkan unsur aporia. Berdasarkan analisis yang dilakukan ditemukan kebenaran absolut dan penangguhan kebenaran absolut yang menimbulkan unsur aporia dalam novel Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas karya Eka Kurniawan. Kebenaran absolut Ajo Kawir digambaarkan sebagai tokoh yang pesimis dan polos.Berbeda dengan tokoh yang bertentangan dengannya yakni, Si Tokek yang digambarkan sebagi tokoh yang optimis dan picik dalam berbagai hal.Setelah penangguhan kebenaran absolut terdapat makna baru yakni Ajo Kawir yang sebelumnya digambarkan sebagai tokoh yang lemah, pesimis, dan suka mengintip berubah optimis, kuat dan berani serta pintar. Sebaliknya begitupun dengan Si Tokek yang mulanya seorang tokoh yang optimis, baik terhadap Ajo Kawir, dan pintar setelah pengguhan kebenaran absolut kini berubah menjadi seorang tokoh yang pesimis, teman yang buruk, dan seorang tokoh yang polos. Unsur aporia yang terdapat dalam novel yakni makna paradoks atau bertentangan anatara sikap Ajo Kawir dan Si Tokek. Kata kunci: novel, kebenaran absolut, unsur aporia, dekonstruksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 May 2019 09:00
Last Modified: 03 May 2019 09:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13164

Actions (login required)

View Item View Item