Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Pau-pau dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compisition Siswa Kelas VII-7 SMP Negeri 2 Watansoppeng

AMANDA, A. HAJAR (2016) Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Pau-pau dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compisition Siswa Kelas VII-7 SMP Negeri 2 Watansoppeng. Diploma thesis, FBS.

[img]
Preview
Text
2_BAB I-BAB V.pdf

Download (511kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK A. HAJAR AMANDA, 2016. “Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Pau-pau dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compisition Siswa Kelas VII-7 SMP Negeri 2 Watansoppeng”. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar, (Dibimbing oleh Syamsudduha dan Andi Agussalim Aj.). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan bertujuan untuk mendeskripsikan, 1) pelaksanaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compisition untuk meningkatkan kemampuan mengapresiasi pau-pau siswa kelas VII-7 SMP Negeri 2 Watansoppeng; 2) peningkatan hasil pembelajaran mengapresiasi pau-pau dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition siswa kelas VII-7 SMP Negeri 2 Watansoppeng). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus. Setiap pelaksanaan siklus, akan diadakan tes di akhir siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran model Cooperative Integrated Reading and Compisition meliputi enam tahapan yaitu (1) pembentukan kelompok, (2) membaca berpasangan, (3) menceritakan kembali, (4) mengidentifikasi unsur intrinsik pau-pau, (5) penilaian, dan (6) penghargaan tim. Penelitian ini juga menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengapresiasi pau-pau. Terbukti adanya peningkatan dari siklus I yang nilai rata-rata kelasnya 76,65 sedangkan pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 83,35 dengan persentase peningkatan 6,7%. Kata kunci : apresiasi, pau-pau, CIRC.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2019 05:22
Last Modified: 02 Apr 2019 05:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12814

Actions (login required)

View Item View Item