Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Polong Bangkeng Utara Kabupaten Takalar

Nurhidayah, Nurhidayah (2018) Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Polong Bangkeng Utara Kabupaten Takalar. Diploma thesis, FBS.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL (KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 POLONG BANGKENG UTARA KABUPATEN TAKALAR).pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurhidayah. 2018. “Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Polong Bangkeng Utara Kabupaten Takalar”. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Mahmudah dan Idawati Garim). Menulis cerpen dapat melatih seseorang untuk berkreasi, berimajinasi, dan bernalar. Keterampilan menulis di sekolah menengah pertama memiliki berbagai macam tujuan. Salah satunya adalah mengembangkan keterampilan menulis cepen. Dalam pembelajaran menulis cerpen, diharapkan siswa tidak hanya dapat mengembangkan ide menulis cerpen, namun juga mampu menuangkan ide atau gagasan yang menarik untuk dibaca. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 6 Polong Bangkeng Utara Kabupaten Takalar. Tujuan khusus penelitian ini adalah: mendeskripsikan kemampuan menulis cerpen siswa dilihat dari aspek: (1) tema dan amanat, (2) tokoh dan penokohan, (3) alur, (4) latar, (5) sudut pandang. Variabel penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menulis cerpen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Polong Bangkeg Utara Kabupaten Takalar sebanyak tiga kelas dengan 68 jumlah siswa. Data yang terkumpul dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Polong Bangkeng Utara Kabupaten Takalar. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling yang berarti mengambil sampel dari keseluruhan jumlah populasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik observasi dan tes. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini secara umum menunjukkan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 6 Polong Bangkeng Utara Kabupaten Takalar belum mampu menulis cerpen dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperolah siswa yaitu 66,32%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 68 siswa hanya 26 siswa yang memperoleh nilai 75-100 (38,24%), dan 42 siswa yang memperoleh nilai 10-74 (61,76%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Aug 2018 02:25
Last Modified: 27 Aug 2018 02:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10468

Actions (login required)

View Item View Item