Analisis Penggunaan Konjungsi dalam Wacana Narasi Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Makassar

Sofyan, Sofyan (2018) Analisis Penggunaan Konjungsi dalam Wacana Narasi Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Makassar. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
11) BAB I.docx

Download (22kB)

Abstract

ABSTRAK Secara umum tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Makassar menggunakan konjungsi dalam wacana narasi, sedangkan secara khusus diuraikan sebagai berikut: 1) mendeskripsikan kemampuan menggunakan konjungsi koordinatif dalam wacana argumentasi siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Makassar; 2) mendeskripsikan kemampuan menggunakan konjungsi subordinatif siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Makassar; 3) mendeskripsikan kemampuan menggunakan konjungsi korelatif siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Makassr. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Makassar yang berjumlah 225 siswa. Adapun sampel yang ditetapkan sebanyak 23 siswa kelas XI SMK Negeri 1 Makassar. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik acak dengan pertimbangan subjek yang diteliti mempunyai sifat dan kemampuan yang sama (homogen). Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nilai rata-rata kemampuan menggunakan konjungsi koordinatif dalam wacana narasi siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Makassar adalah 77 yang dikategorikan mampu. Nilai rata-rata kemampuan menggunakan konjungsi subordinatif dalam wacana narasi siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Makassar adalah 59 yang diketegorikan cukup mampu. Nilai rata-rata kemampuan menggunakan konjungsi korelatif dalam wacana narasi siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Makassar adalah 64 yang dikategorikan cukup mampu. Nilai rata-rata kemampuan menggunakan konjungsi siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Makassar adalah 57,2 yang dikategorikan cukup mampu. Berdasarkan hasil penelitian, maka diajukan saran yaitu siswa hendaknya lebih giat berlatih dalam menentukan dan menggunakan konjungsi, terutama konjungsi subordinatif dan korelatif. Selain itu, sebaiknya guru lebih memerhatikan siswa dan melatih kemampuan siswa dalam membedakan jenis-jenis konjungsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 08:07
Last Modified: 29 Mar 2018 08:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6421

Actions (login required)

View Item View Item