“Korelasi antara Kebiasaan Membaca Cerpen dengan Tingkat Pemahaman Unsur Intrinsik Cerpen Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bontonompo Selatan”

Ekawati, Ria (2016) “Korelasi antara Kebiasaan Membaca Cerpen dengan Tingkat Pemahaman Unsur Intrinsik Cerpen Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bontonompo Selatan”. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
SKRIPSI RIA.docx

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan kebiasaan membaca cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bontonompo Selatan; (2) mendeskripsikan tingkat pemahaman unsur intrinsik cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bontonompo Selatan; (3) mendeskripsikan korelasi antara kebiasaan membaca cerpen dengan tingkat pemahaman unsur intrinsik cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bontonompo Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bontonompo Selatan yang berjumlah 127 orang. Sampel ditetapkan sebanyak 32 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik sampel acak (random sampling) karena semua siswa memliki peluang yang sama untuk dijadikan sampel. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan menggunakan teknik tes uraian dan non tes berbentuk angket. Teknik yang digunakan untuk mengalisis data dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi antara kebiasaan membaca cerpen dengan tingkat pemahaman unsur intrinsik cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bontonompo Selatan adalah 0,31 dikategorikan lemah. Hal ini dinyatakan berdasarkan hasil tes kebiasaan membaca cerpen dengan nilai rata-rata 75,62 dikategorikan baik dan tingkat pemahaman unsur intrinsik cerpen dengan nilai rata-rata 73,68 dikategorikan cukup. Berdasarkan hasil penelitian ini, diajukan saran sebagai berikut: (1) siswa sebaiknya diberikan banyak latihan membaca untuk meningkatkan kebiasaan membaca cerpen; (2) kemampuan siswa dalam menetukan unsur intrinsik cerpen lebih ditingkatkan; (3) peran orang tua atas perkembangan siswa juga sangat berpengaruh. Untuk itu, para orang tua hendaknya terus memberikan dorongan dan dukungan sehingga siswa lebih semangat dalam belajar termotivasi dalam mengembangkan potensi belajarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Feb 2018 07:10
Last Modified: 26 Feb 2018 07:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4959

Actions (login required)

View Item View Item